Wine dengan Kearifan Lokal

Wine dengan Kearifan Lokal

  Kamis, 10 December 2015 09:51
SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK—Seiring pertumbuhan ekonomi yang positif di Kota Pontianak gaya hidup masyarakat pun ikut tumbuh. Melihat hal tersebut Sababay Winery yang merupakan produk wine lokal asal Bali berekspansi di Pontianak dan kini hadir di Avara Boutique Hotel. "Walaupun Pontianak kotanya tidak terlalu besar, gaya hidupnya mulai tumbuh, kami hadir menjadi bagian itu, jika ekonomi positif masyarakat tentu menginginkan pelayanan yang lebih baik," ungkap Deputy CEO Sababay Winery Yohan Handoyo saat presentasi dan wine tasting di The Roof Cafe Avara Boutique Hotel, Selasa (8/12).

Menurutnya, tidak semua minuman beralkohol sama. Wine memiliki budaya kuliner tersendiri. Sebagai minuman yang dinikmati, bukan dikonsumsi secara berlebihan. Wine juga hadir sebagai bagian dari produk industri kreatif pariwisata. Di Pontianak, pengenalan produk ini didukung oleh Gajahmada Avara Boutique Hotel dan Bank Mandiri Prioritas.

Lebih lanjut Yohan menjelaskan, Sababay merupakan wine lokal yang siap jadi kebanggan nasional. Produksinya dikelola dengan standar internasional dengan menerapkan prinsip-prinsip perdagangan yang adil dan konsep pertanian terpadu. Mendapat suplai untuk produksi wine dari petani anggur lokal di Buleleng, Bali, Sababay menggagas suatu konsep kerja sama untuk penjualan anggur secara eksklusif dengan harga yang wajar.  

Sistem ini menciptakan siklus produksi dan panen yang berkelanjutan dan mutu hasil panen yang stabil. Dengan kolaborasi sistem kendali suhu yang canggih serta teknik irigasi lahan yang baik serta seleksi root stock yang lebih seksama memungkinkan Sababay untuk mengubah anggur menjadi berlian dalam botol. Artinya ini menjadi cakrawala baru dalam dunia industri wine nasional.

Dengan penerapan prinsip perdagangan yang adil dan konsep pertanian terpadu Sababay ikut menyejahterakan para petani anggur di Bali. Dimana sebelumnya jika saat panen raya, harga anggur lokal akan anjlok. Yohan menekankan bawha salah satu filosofi penting yang diterapkan adalah pemeliharaan alam dan lingkungan.  

Kini  Sababay sudah memperkenalkan enam varian wine premiumnya. Dibuat dari varietas anggur alphose lavalleedan muscat saint vallier yang ditanam di Bali. Dengan label A Passionate Taste From A New Latitude dan Naturally Irresistible, keenam wine tersebut adalah pink blossom, black velvet, reserve red, white velvet, ludisia, dan moscato d'bali. Meski relatif baru produk-produk ini telah cukup banyak meraih penghargaan wine internasional.

Dengan diluncurkannya rangkaian wine New Latitude ini menjadi konfirmasi akan kecocokan dan potensi dari budi daya anggur alphonse lavallee di kawasan tropis ini. Mutu anggur pastinya ditentukan oleh tanah tempatnya tumbuh. Melalui produksi yang teliti, produk akhir berupa wine disempurnakan untuk menonjolkan mutu dan pesona terbaik. Wine ini merupakan produk bernilai tambah dari anggur dan menjadi kebanggan karena diciptakan oleh anak bangsa. "Produk turunan dari anggur yang memiliki nilai tambah paling tinggi memang hanya wine," jelasnya.

Pemilik Avara Boutique Hotel Herman Salim mengatakan, gaya hidup di industri perhotelan memang sangat diperlukan. Dengan menghadirkan Sababay di Avara tentu diharapkan bisa membawa hal yang posisitif. Menambah khasanah kuliner di Kota Pontianak, sebab cara menikmati wine dapat juga dipadupadankan dengan kuliner-kuliner khas asli Pontianak.

Selain itu, Area Head Bank Mandiri Kalbar Nanang Wisnugroho menyambut baik hadirnya Sababay di Kota Pontianak. Sebab menurutnya Sababy tidak hanya merupakan produk komersial namun juga ikut membantu meningkatkan taraf hidup para petani anggur. Menjadi kebanggan bagi Bank Mandiri, apalagi ini merupakan hal baru. Maka untuk nasabah Bank Mandiri akan mendapatkan penawaran menarik. "Diskon 50 persen sampai dengan 100 persen, cukup dengan menukarkan fiesta point yang dimiliki," ujarnya. (bar)

 

Berita Terkait