Win Nindar Pimpin Kodim

Win Nindar Pimpin Kodim

  Sabtu, 30 July 2016 10:09
SALAM KOMANDO : Ketua DPRD Mempawah, Rahmad Satria, salam komando dengan Letkol Arm Suprayitno saat pisah sambut Dandim 1201/Mpw. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Komando Distrik Militer (Kodim) 1201 Mempawah melakukan pergantian pucuk pimpinan. Letkol Arm Suprayitno digantikan oleh Letkol Inf Win Nindar.  Pisah sambut yang dihadiri pejabat di lingkungan Pemkab Mempawah dan Kubu Raya, Ketua DPRD Mempawah, pejabat vertikal, serta ratusan personil TNI itu berlangsung sederhana, Jumat (29/7) pagi di Markas Kodim 1201 Mempawah.

Setelah kurang lebih 2, 5 tahun menjabat Dandim 1201 Mempawah, Letkol Arm Suprayitno dipercayakan menempati posisi baru di Markas Besar (Mabes) TNI di Jakarta. Sedangkan Letkol Inf Win Nindar sendiri sebelumnya bertugas di Mempawah, menjabat Komandan Secata Rindam Singkawang.

“Hal yang paling berkesan selama bertugas di Mempawah, kami bersama-sama Forkopimda berhasil menangani konflik Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dengan baik. Tidak ada korban jiwa dalam konflik tersebut. Semua bisa diselesaikan dengan baik hingga proses evakuasi berjalan lancar,” tutur Suprayitno.

Permasalahan lain, sambung Suprayitno yakni penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang cukup pelik. Ketika musim kemarau tiba, maka muncul kasus-kasus karhutla diwilayah kerjanya baik Kabupaten Mempawah maupun Landak.

“Dampak karhutla ini sangat luas. Kabut asap yang berlangsung cukup lama sangat mengganggu kelancaran aktivitas masyarakat. Sekolah diliburkan, bahkan jadwal penerbangan pun tertunda. Makanya, penanganan karhutla harus dilakukan dengan serius dan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” pendapatnya.

Lebih jauh, dia berpesan agar seluruh jajaran dibawahnya senantiasa menjaga komunikasi dan harmonisasi yang selama ini sudah tercipta dengan baik. Peran aktif Koramil dan Babinsa dilingkungan masyarakat harus lebih ditingkatkan lagi. Agar, setiap permasalahan yang muncul dapat segera dideteksi dan diselesaikan dengan cepat.

“Babinsa maupun Koramil harus bisa menjalin kerjasama dengan semua elemen masyarakat. Baik itu kepolisian, kecamatan hingga desa agar bahu membahu membangun daerah ini agar lebih maju dimasa mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Pejabat Baru Dandim 1201 Mempawah, Letkol Inf Win Nindar menyebut dirinya akan melanjutkan program kerja yang selama ini telah berjalan dengan baik. Meski demikian, dirinya tetap akan melakukan evaluasi dan penyempurnaan terhadap baru yang baru dan akan dilaksanakan dimasa mendatang.

“Pada intinya kami akan melanjutkan program kerja yang sudah berjalan dengan baik. Kami juga segera bersosialisasi dengan Forkopimda maupun elemen masyarakat baik di Mempawah maupun Landak. Apalagi wilayah Kodim 1201 Mempawah cukup luas mencakup dua kabupaten yakni Mempawah dan Landak,” ujarnya.

Melalui sosialisasi itu, menurut Nindar, pihaknya dapat melihat permasalahan yang menjadi skala prioritas sekaligus dapat bersinergi dengan elemen masyarakat diwilayah kerjanya. Dengan begitu, maka segala program kerja yang telah dicanangkan bisa berjalan dengan efektif, terukur dan terarah.

“Secara keseluruhan tidak ada kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan tugas baru. Sebab, sebelumnya saya juga mendidik masyarakat sipil menjadi militer. Jadi sudah terbiasa dengan teritorial kemasyarakatan. Makanya, kami sanga memerlukan dukungan elemen masyarakat. Tanpa kerjasama dan dukungannya maka sulit bagi TNI untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik,” pungkasnya mengakhiri.

Pisah sambut Pejabat Kodim 1201 Mempawah dihadiri Forkopimda Kabupaten Mempawah maupun Landak, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat hingga pejabat SKPD di dua daerah itu.(wah)

Berita Terkait