Watford 0 vs Chelsea 0, Zero Tanpa Pato

Watford 0 vs Chelsea 0, Zero Tanpa Pato

  Jumat, 5 February 2016 08:05
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

WATFORD – Sudah diberitahu Alexandro Pato pasti bisa meledak dalam laga debutnya, Guus Hiddink malah tidak memainkannya. Akibatnya, Chelsea gagal memenangkan laga melawan Watford di Vicarage Road, Watford, Kamis dini hari kemarin (4/2). Tidak cuma gagal menang, Chelsea juga kembali ompong.

            Lebih konfiden dengan Diego Costa di posisi nomor sembilan, klub yang berjuluk The Blues itu tertahan tanpa gol. ’’Mengapa Pato tidak saya mainkan? Menurut saya, ini masih terlalu dini untuk menurunkannya. Dia masih dalam tahapan pramusim,’’ ujarnya, kepada BT Sport setelah laga.            Bukan hanya tidak dimainkan sebagai starter. Hiddink juga mengurungkan niat untuk memasukkan Pato di bangku cadangan. Hanya ada Eden Hazard, Bertrand Traore, Ruben Loftus-Cheek dan Kenedy pemain di lini serangan Chelsea yang duduk manis di bench.

            Statistik ESPN menyebut, bertumpu pada Costa sebagai target man menyulitkan Chelsea sendiri. Apalagi dengan karakter defense ketat The Potters – julukan Watford. Itu makanya hanya ada empat shots on goal dari 12 tendangan yang dilancarkan para pemain Chelsea.            Tipikal defense seperti itu bisa diakali dengan striker bertipikal poacher seperti Pato. Bukan hanya mencetak gol, dia juga bisa membawa bola menembus defense anak asuhan Quique Sanchez Flores itu. Dikutip dari situs resmi klub, Hiddink kecewa dengan hasil imbang ini.

            Tapi, dia tidak kecewa dengan kegagalan pemainnya mencetak gol. ’’Sedikit demi sedikit kami terus membaik, dilihat dari cara kami mengorganisir pertandingan dan dalam membuka peluang,’’ sebut Hiddink. Ini adalah kali kedua John Terry dkk menyudahi laga tanpa gol.            Sebelumnya, Chelsea di era Hiddink pernah menahan Manchester United tanpa gol di Old Trafford (29/12). Hiddink mengklaim, bukan agresivitas pemainnya menurun. Melainkan ada tembok kokoh di lini pertahanan Watford. Ya, dialah Huerelho Gomes, penjaga gawang Watford.

            Gomes yang mantan anak asuhan Hiddink di PSV Eindhoven itu membuat empat kali penyelamatan. ’’Beberapa penyelamatannya sungguh luar biasa. Andaikan tidak ada dia di gawang Watford, mungkin kami bisa pulang ke London dengan kemenangan,’’ koar Hiddink.            Dengan agresivitas Costa dan pemainnya yang lain, bagaimana dengan menjamu United akhir pekan ini (7/2)? Apakah Hiddink kembali beralasan kebugaran Pato belum cukup matang untuk laga penting? Atau tetap mengandalkan Costa untuk membobol jala gawang David de Gea?

            Pato sesaat sebelum laga sudah menegaskan kondisi kebugarannya sudah prima dan siap dimainkan? ’’Secara fisik, saya merasa baik-baik saja. Mungkin menurut dia (Hiddink) saya perlu menunggu waktu terbaik untuk dimainkan. Saya hanya bisa siap-siap saja,’’ ungkap Pato.            Apapun alasannya, Hiddink layak memanasi Pato. Karena, dalam dua pekan ke depan Chelsea sudah harus membagi fokus penting. Bukan hanya di Premier League, juga di Liga Champions dan Piala FA. Pada 17 Februari, Chelsea meladeni Paris Saint-Germain (PSG) dalam leg pertama babak 16 Besar.

            Tiga hari kemudian, Chelsea menantang Manchester City dalam putaran kelima Piala FA (20/2). Nama Pato pun sudah dimasukkan dalam skuad Liga Champions. Sebagai gantinya Radamel Falcao yang di-drop dari daftar pemain Chelsea di Liga Champions.            Bagi Sanchez Flores, dia sudah puas dua kali menahan imbang Chelsea dalam laga home dan away. Di London, Watford menahan Chelsea-nya Hiddink dengan skor 2-2. ’’Dan yang paling penting, kami masih tetap bertahan di sepuluh besar klasemen,’’ tegasnya, dikutip dari BBC. (ren)

Berita Terkait