Waste Food, Waste Money

Waste Food, Waste Money

  Selasa, 29 March 2016 10:21

Berita Terkait

NGAKU deh, pernah kan membuang makanan? Nah, makanan yang terbuang itulah food waste, yang sejak 2013 menjadi pemborosan sumber daya dan masalah lingkungan karena emisi karbon yang dihasilkan. Negara maju hingga negara berkembang berkontribusi menambah angka food waste yang udah mencapai 1,3 miliar ton per tahun. Padahal, jumlah itu bisa memberi makan 870 juta orang di dunia. Apa aja sih penyebab food waste? (FAO/ivm/c23/wka)

500 Juta Ton Dibuang saat Produksi
Sejak dalam proses produksi, kerugian makanan atau food waste bisa terjadi karena masalah kebersihan. Sayur hasil produksi yang tumpah atau jatuh dan terkena hama sebelum aktivitas panen harus dibuang. Untuk hasil produksi daging dan perahan, kerugian atau food waste bisa terjadi jika hewan mati selama pembibitan hingga penurunan produksi susu karena sapi sakit.

350 Juta Ton Dibuang saat Postharvest (setelah Panen)
Pada tahap ini, peluang food waste berkurang. Makanan juga terbuang pada tahap ini karena kualitas makanan yang menurun saat disimpan setelah panen. Ditambah lagi, faktor luar seperti peraturan dan standar kualitas dapat mengakibatkan food waste. Petani membuang hasil yang nggak memenuhi standar. 

180 Juta Ton Dibuang Saat Pemrosesan
Beberapa jenis makanan butuh diproses di pabrik (misalnya, ditambah zat kimia serta packaging). Nah, pada tahap itu, besarnya kerugian bisa diminimalkan karena penggunaan mesin. Meski begitu, food waste tetap ada. Misalnya, jika makanan tumpah dan terbuang karena pemotongan dan pengepakan. 

200 Juta Ton Dibuang saat Distribusi
Inilah penyebab food waste yang menjadi isu di negara berkembang. Manajemen limbah dari pasar yang kurang baik mengakibatkan sisa makanan menambah emisi karbon dioksida. Padahal, sisa makanan tersebut bisa diolah menjadi kompos jika disortir dengan baik. Yap, jika produksi dalam kemasan rusak saat sampai di pasar, toko akan membuang makanan itu dalam jumlah yang besar. Di Amerika Serikat, diperkirakan 6 miliar pon produk terbuang tiap tahun karena penampilannya dianggap tidak menarik loh.

350 Juta Ton Dibuang saat Konsumsi
Hayo ngaku deh, siapa yang sering pengin makan ini itu, pesannya serakah, sampai sana makanannya nggak enak? Nah, membeli makanan berlebihan sering menjadi pemicu food waste terbesar. Memasak berlebihan di rumah juga menambah limbah makanan karena stok yang berlebih. Ditambah lagi, terlalu lama meninggalkan makanan dan membuatnya membusuk. Sebaiknya, sayuran disimpan di suhu 7–10 derajat Celsius. Lalu, daging, ikan, dan olahan lainnya berada di suhu -19 derajat Celsius hingga -5 derajat Celsius untuk waktu sekitar seminggu. 

Berita Terkait