Warga Tiongkok Didenda Rp10 Juta

Warga Tiongkok Didenda Rp10 Juta

  Kamis, 15 September 2016 15:41
Penyidik PPNS Keimigrasian saat menunjukan barang bukti berupa paspor kepada majelis hakim dalam sidang Tipiring di PN Pontianak. (Arief Nugroho/Pontianak Post)

Berita Terkait

PONTIANAK- Hakim tunggal Pengadilan Negeri Pontianak Maryono menjatuhkan denda masing-masing Rp10 juta kepada 45 warga Negara Tiongkok dalam sidang tindak pidana ringan (Tipiring) yang digelar di Pengadilan Negeri Pontianak, Kamis (15/9) siang.

Mereka terbukti bersalah dan meyakinkan telah melanggar pasal 116 Undang Undang No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, karena yang bersangkutan tidak bisa menunjukan dokumen berupa paspor saat dilakukan pemeriksaan.

“Jika tidak mampu membayar akan diganti dengan kurungan selama tujuh hari,” kata Hakim tunggal Maryono saat membacakan putusan sidang.   

Selain menjatuhkan denda, majelis hakim juga menuntut terdakwa untuk mengganti biaya perkara.

Sidang tipiring tersebut diajukan oleh penyidik PPN Keimigrasian sekaligus sebagai penuntut umum. Dalam sidang juga diajukan dua orang saksi, diantara Agustianur dan Ananda Pramudita, yang masing-masing selaku tim opersi pendataan dan pengawasan orang asing. (arf)

Berita Terkait