Warga Tasoing Loing kembali Dibantu

Warga Tasoing Loing kembali Dibantu

  Sabtu, 13 Agustus 2016 09:42
SERAH BANTUAN: Pemkab Kapuas Hulu menyerahkan bantuan uang tunai untuk warga Tasoing Loing, Desa Tanjung Lokang, Kecamatan Putussibau Selatan, yang telah menjadi korban bencana banjir bandang dan tanah longsor 19 Juni lalu. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Rabu (10/8) lalu, menyerahkan bantuan uang tunai untuk korban banjir bandang dan tanah longsor di Tasoing Loing, Desa Tanjung Lokang, Kecamatan Putussibau Selatan. Bantuan ini merupakan kali kedua, di mana sebelumnya telah memperoleh makanan dan pakaian layak pakai bagi korban bencana 19 Juni lalu tersebut.

 
Kepada wartawan kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat Daerah (Setda) Kapuas Hulu, Usmandi, menjelaskan, jika bantuan dari pemerintah setempat ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya diserahkan berupa bantuan berupa logistik. “Bantuan yang pertama sifatnya insidentil, sekarang bentuk uang tunai. Diharapkan bisa membantu meringankan beban para korban bencana di sana,” terangnya Jumat (12/8) kemarin.

Dikatakan Usmandi, warga yang mendapatkan bantuan tersebut sebanyak sembilan orang. Mereka yang memperoleh bantuan tersebut, dirincikan dia terdiri dari satu korban meningal, dua korban dirujuk ke rumah sakit di Pontianak, dan tujuh  korban di rawat di RSUD Putussibau. Dipastikan dia bahwa untuk biaya pengobatan terhadap korban di rumah sakit semuanya ditanggung oleh pemerintah setempat. “Total bantuan dari Pemda untuk merenovasi rumah warga senilai Rp55.500.000,” terangnya.

Untuk bantuan, terang ia lagi, masing-masing menerima jumlah yang berbeda, sesuai dengan kondisi bangunan. Disebutkan dia, mulai dari rusak ringan, sedang, dan berat. Sementara biaya pengobatan dua korban yang dirawat di Pontianak, menurut dia, dialokasikan senilai Rp33.500.000. “Ada juga bantuan biaya transportasi berupa BBM dari Tanjung Lokang ke Putussibau, yang dipakai untuk antar jemput korban bencana waktu itu,” jelasnya. “Bantuan renovasi rumah kisaran Rp2 – 10 juta. Untuk fasilitas umum, dinas yang menangani, seperti rumah guru dan gereja,” terang Usmandi.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati melalui Asisten III Mohammad Yusuf dan dihadiri Kabag P2 Setda Alfiansyah, Kepala BPBD, Kadishubkominfo, Plt Kepala BPMPD, serta dari pihak Dispertanak dan Kasatpol PP. Selain itu, juga ada Kabag Humas Setda, unsur Muspika Kecamatan Putussibau Selatan, dan sejumlah kades di wilayah Putussibau Selatan. Usmandi menyebutkan, penyerahan bantuan berlangsung di Balai Adat Desa Tanjung Lokang. “Hampir semua masyarakat di sana turut hadir,” jelasnya.

Sementara Kades Tanjung Lokang, Hermanto, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemda Kapuas Hulu ini. Sejak kejadian, kata Hermanto lagi, pemerintah setempat telah membantu masyarakat korban bencana di desanya. Bantuan tersebut, diakui dia, berupa logistik pada tahap pertama, dan tahap kedua berupa bantuan pada warga yang hendak merehab rumah yang rusak karena banjir bandang dan tanah longsor. “Masyarakat Desa Tanjung Lokang sangat berterima kasih pada Pemda,” ucapnya.(aan)

Berita Terkait