Warga Tangkap Komplotan Maling Kayu Belian

Warga Tangkap Komplotan Maling Kayu Belian

  Sabtu, 6 Agustus 2016 11:01
Ilustrasi

Berita Terkait

Agustus menjadi bulan tak beruntung bagi pelaku kejahatan. Banyak pelaku yang berhasil tertangkap tangan oleh warga. Seperti yang dialami dua orang pelaku pencurian kayu yang berhasil ditangkap oleh warga.

 
*****

KEDUA pelaku pencurian itu adalah Choirul dan Karepal Saputra yang nekat mencuri puluhan batang kayu Belian milik warga di Jalan H Rais A Rahman, Pontianak pada Kamis, 4 Agustus lalu.

Para pelaku dengan santai mengambil satu demi satu kayu yang tersimpan di antara rumah toko pemilik kayu, Ahmad Multazam. Kayu-kayu yang dicuri lalu disimpan di lorong-lorong jalan tak jauh dari lokasi tumpukan kayu.

Namun aksi kedua pelaku pencurian itu akhirnya terungkap, ketika warga yang melihat aksinya memberi kabar kepada pemilik kayu tentang aksi pencurian. Sontak korban bersama temannya datang dan mencari orang yang mencuri kayunya.

Kapolsek Pontianak Barat Kompol Joko Sulistiono membenarkan, jika warga di Jalan H Rais A Rahman berhasil menangkap dua pelaku pencurian kayu. “Yang menangkap pemilik kayu bersama temannya. Setelah ditangkap, kedua pelaku lalu diserahkan ke kami,” kata Joko, Jumat (5/8).

Joko menuturkan, korban mendapat kabar bahwa puluhan batang kayu jenis belian yang disimpannya di antara ruko dan rumahnya hilang. Dari kabar itu, korban bersama temannya langsung mengecek kebenaran informasi itu.

Sesampainya di lokasi, lanjut dia, korban bertemu dengan seseorang yang tak dikenal. Korban lalu bertanya kepada pria tak dikenal itu apakah melihat ada orang yang mengambil kayu, dijawab oleh pria tersebut tidak tahu.

Namun saat itu, dia menambahkan, korban mencurigai gerak-gerik pria tersebut yang terkesan ingin melarikan diri, dan tak berapa lama kemudian, seseorang pria lainnya, tiba-tiba keluar dari lorong kayu.

“Yang keluar dari lorong ini, Saputra, dialah yang mengambil kayu. Aksinya ketahuan langsung ditangkap korban. Sementara pria yang ditanya korban saat itu Choirul, saat rekannya ditangkap ia hendak melarikan diri namun berhasil ditangkap,” terang Joko.

Joko mengatakan saat ini kedua tersangka sudah mendekam di tahanan Mapolsek Pontianak Barat dan masih menjalani pemeriksaan untuk mendalami keterlibatannya terhadap kasus-kasus kejahatan lainnya.

“Dugaannya masih ada pelaku lainnya, mereka ini seperti komplotan. Namun masih harus kami dikembangkan dahulu,” ucapnya. (adg)

Berita Terkait