Warga Serahkan 103 Pucuk Senjata Api Rakitan

Warga Serahkan 103 Pucuk Senjata Api Rakitan

  Selasa, 29 March 2016 20:32

Berita Terkait

WARGA Desa Sungai Deras, Kecamatan Ketungau Hilir dan Desa Kerapasepan, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang secara sukarela menyerahkan senjata Lantak kepada aparat kepolisian. Penyerahan senjata api rakitan ini dipimpin Kepala Desa Sungai Deras Imin.
Penyerahan senjata oleh warga tentunya terjadi tidak secara tiba-tiba. Ini dilakukan setelah melalui proses pendekatan Perpolisian Masyatakat yang dilakukan para Bhabinkamtibmas yang ada di desa penugasannya. Melalui kunjungan dari rumah ke rumah yang setiap harinya tiga rumah dan para anggota intelejen melalui kegiatan Pembinaan Jaringan Intelejen.
Kepemilikan senjata secara tidak sah oleh warga ini awalnya untuk berburu babi hutan atau rusa. Juga untuk mempertahankan diri bila terjadi konflik. Namun kepemilikan ini tidak sesuai dengan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan sanksi hukuman sementara 20 tahun.

Polda Kalbar telah berupaya menarik senjata rakinan ini dari masyarakat. Pada tahun 2014 Polda Kalbar berhasil memusnahkan senjata api rakitan hasil penyerahan masyarakat sebanyak 735 pucuk yang terdiri dari  701 pucuk senjata api laras panjang dan 34 Pucuk senjata api laras pendek. Kemudian pada tahun 2015 lalu senjata api Rakitan yang berhasil dikumpulkan dari masyarakat sebanyak 860 pucuk terdiri dari 810 pucuk senjata api laras panjang,  50 senjata api laras pendek dan 199 butir amunisi.
Sedangkan pada tahun 2016  selama tiga bulan ini khusus Polres Sintang telah berhasil menerima penyerahan senjata api dari masyarakat sebanyak 103 pucuk senjata api laras panjang. “Mudah-mudahan Polres lain akan segera menerima hal yang sama dari masyarakat,” kata Direktur Bimas Polda Kalbar Kombes Suhadi SW.**

Berita Terkait