Warga Peniraman Miliki Pamsimas

Warga Peniraman Miliki Pamsimas

  Rabu, 30 March 2016 09:52
PERESMIAN: Camat Sungai Pinyuh foto bersama usai meresmikan Pamsimas di Desa. WAHYU/PONTIANAK POST

Berita Terkait

REALISASI program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) menjadi berkah bagi masyarakat Desa Peniraman. Sebab, keberadaan program tersebut diyakini dapat membantu mengatasi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat ketika menghadapi musim kemarau tiba.

Realisasi program Pamsimas di Desa Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh melalui dana BLM APBN sebesar Rp 210 juta dan kontribusi masyarakat sebesar Rp 52 juta lebih. Hingga total dana yang dikucurkan untuk program itu mencapai Rp 262 juta.

‘’Alhamdulillah, melalui program Pamsimas ini masyarakat di Desa Peniraman dapat menikmati pelayanan air bersih. Terutama untuk kebutuhan rumah tangga dan keperluan sehari-hari seperti Mandi, Cuci, Kakus (MCK),” kata Camat Sungai Pinyuh, Syamsul Rizal usai meresmikan Pamsimas, Selasa (29/3) siang.

Menurut Syamsul Rizal, realisasi program Pamsimas sejak lama telah dinantikan masyarakat Desa Peniraman. Mengingat selama ini masyarakat kerap dipusingkan dengan urusan air bersih. Terlebih ketika menghadapi musim kemarau, masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih.

“Nah, dengan adanya Pamsimas ini maka permasalahan air bersih sudah bisa diatasi. Walau pun belum aksesnya bisa menjangkau seluruh masyarakat di Desa Peniraman. Sebab, hanya ada enam titik keran air bersih yang dialiri oleh satu tower,” paparnya.

Meski demikian, dirinya berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan air bersih tersebut dengan sebaik mungkin. Terlebih untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Mengingat air besih menjadi element yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

“Silahkan gunakan air bersih ini dengan baik. Yang terpenting pula, masyarakat secara bersama-sama harus bisa menjaga, merawat dan memelihara keberadaan fasilitas Pamsimas ini. Jangan sampai keran-keran air yang ada rusak hingga distribusi air bersih tidak berjalan lancar,” pesannya mengakhiri.(wah)

Berita Terkait