Warga Lepas Pindah Tugas Hoerrudin

Warga Lepas Pindah Tugas Hoerrudin

  Senin, 23 May 2016 09:30
BERSAMA ANGGOTA: Usai kegiatan pisah sambut di tempat tugas yang baru, mantan Kapolsek Sukadana AKP Hoerrudin dengan penggantinya, AKP Riwayansyah, diabadikan bersama anggota di depan Mapolsek Sukadana. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Pisah sambut Kepala Kepolisian (Kapolsek) Sukadana AKP Hoerrudin yang digantikan dengan AKP Riwayansah, berlangsung dengan khidmat dan susana haru. Seremoni tersebut digelar di halaman Mapolsek Sukadana, Jumat (20/5).

Pisah sambut tersebut dihadiri oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sukadana, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, hingga para kepala desa se-Kecamatan Sukadana. Mereka begitu dekat denga mantan Kapolsek tersebut karena selama ini telah bersama-sama memberikan sumbangsihnya, agar dapat saling menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Kecamatan Sukadana. 

Mengawali kata sambutannya, Hoerrudin mengucapkan rasa syukur yang tak terkira kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kapolsek yang dikenal religius tersebut mengungkapkan bagaimana Tuhan telah memberikan kekuatan dan pertolongan kepadanya, sehingga tugas yang diemban bisa diselesaikan hingga akhir masa jabatannya. “Saya ucapakan banyak-banyak terima kasih atas kerja sama, khususnya  kepada anggota saya, Polsek Sukadana, yang sudah bekerja semaksimal mungkin untuk menjaga keamanan di wilayah Sukadana, dan juga bantuan masyarakat selama ini yang selalu memberikan informasi, sehingga mudah melacak setiap pelanggaran yang ada di Sukadana ini,” tuturnya.

Dengan pakaian dinas lengkap diikuti gaya yang bersahajanya di depan tamu undangan yang hadir, Hoerrudin mengucapkan permintaan maaf  yang sebesar-besarnya, jika selama bertugas banyak melakukan kesalahan. Menurutnya, apa yang telah ia lakukan, selain menegakkan hukum yang berlaku, juga semata-mata sebagai tanda rasa cinta dirinya kepada wilayah kerjanya ini selama kurang lebih 1,5 tahun ini.

“Tidak sedikit pun rasa benci saya, mungkin kalau saya tidak peduli, lebih baik saya tidur di rumah. Karena tujuan saya ingin anak Sukadana maju semua. Mungkin ada perbuatan saya, kata-kata saya yang salah saya beribu-ribu maaf, mohon dimaafkan. Dan Begitu juga kepada rekan-rekan yang khilaf atau apa saya sudah memaafkan. Saya jujur saja, paling saya marah hanya satu dua hari saja, lepas itu saya sudah melupakan semuanya,” tuturnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Hoerrudin juga menitipkan lembaga sosial yang baru ia dirikan, untuk membantu meringankan beban warga masyarakat. Lembaga sosial ini nantinya diharapkan dia, bisa menjadi wadah untuk mengumpulkan dana dan menyalurkan kepada warga masyarakat yang sangat membutuhkan. 

“Saya sendiri yang menjadi ketuanya, walaupun saya tidak bertugas di sini (Sukadana, Red), saya akan terus memantau perkembangan lembaga ini. Untuk saat ini, kita fokuskan untuk membantu Irvan Daus, anak Pak Juslian, warga  Tanjung Gunung yang waktu lalu ingin menjual ginjalnya. Dan nantinya untuk warga yang lain juga yang membutuhkan dana akan kita bantu. Saya harapkan kepada warga masyarakat yang memiliki harta lebih untuk menyisihkan hartanya, karena dalam Alquran sudah jelas agar kita membayar zakat untuk membersihkan harta kita,” ajaknya.

Di lokasi yang sama, Kapolsek Sukadana yang baru, AKP Riwayansyah, menuturkan banyak pekerjaan rumah yang harus ia selesaikan di awal kepemimpinannya saat ini. Terlebih, dia tak memungkiri jika beban mereka akan bertambah berat lantaran menyongsong Sail Selat Karimata yang sudah semakin dekat. 

“Sementara ini saya dimutasi ke Sukadana. Dalam waktu dekat ini akan banyak tamu tamu Pusat yang akan datang ke sini (Sukadana, Red), jadi akan banyak yang perlu disiapkan, yang mana tidak lama lagi akan diadakannya Sail Selat Karimata,” tutup mantan Kepala Satuan Sabhara Kepolisian Resor Ketapang tersebut. (dan) 

Berita Terkait