Warga Jeruju Dibui

Warga Jeruju Dibui

  Minggu, 8 Oktober 2017 11:05
ILUSTRASI SIGIT PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Bukannya bertanggung jawab untuk membayar mobil yang disewa, Maulidar alias Lidar malah menggelapkan dan menggadaikan mobil milik warga Gang Kelapa Sawit, Jalan Kom Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat. Pelaku, akhirnya ditangkap pada 5 Oktober lalu, setelah korban membuat laporan resmi kepada polisi. 

Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Pontianak Barat AKP Agus Hani menceritakan pada 11 September lalu, pelaku datang ke rumah korban. Ketika itu, dia menambahkan, pelaku berniat menyewa mobil korban dengan nomor polisi KB 1361 AJ. Agus menjelaskan, setelah korban dan pelaku sepakat dengan harga sewa mobil perhari sebesar Rp250 ribu, mobil pun dibawa selama tiga hari. 

"Menurut keterangan korban, mobil akan digunakan pelaku untuk mengantar bos ke Singkawang," kata Agus, Sabtu (7/10) di Mapolsek Pontianak Barat. Namun, dia menambahkan, selama tiga hari mobil digunakan, pelaku sama sekali tidak menyerahkan uang sewa kepada korban. "Setelah dihubungi, pelaku mengatakan ingin memperpanjang sewa mobil tersebut selama lima hari dan korban menyetujuinya," ucapnya. 

Agus menuturkan, hingga batas waktu sewa mobil sudah habis, pelaku juga tidak membayarkan uang sewa dan mobil korban juga tidak dikembalikan. "Berdasarkan laporan itu, dilakukanlah penyelidikan. Pelaku, Lidar ditangkap di kediamannya," terangnya. 

Agus menyatakan, berdasarkan keterangan pelaku, jika mobil milik korban sudah digadaikan seharga Rp15 juta kepada seseorang di Singkawang. Di mana saat itu, dia menceritakan jika proses pegadaian dilakukan tersangka bersama Jk. "Mobil digadaikan kepada temannya Dharma. Namun saat itu, pelaku tidak tahu persis alamat orang yang menerima gadaian," sambungnya. 

Agus menyatakan, menurut keterangan pelaku, karena dia tidak mendapat bagian uang oleh pelaku lainnya, akhirnya memilih pulang ke Pontianak. "Ada dua pelaku lainnya yang sudah masuk daftar pencarian orang. Mereka adalah Dh dan Jk. Bos pelaku pertama dan orang yang membawa uang hasil menggadaikan mobil korban," ungkapnya. (adg)

Berita Terkait