Warga Boyan Tanjung dan Mujan Berbenah

Warga Boyan Tanjung dan Mujan Berbenah

  Senin, 19 September 2016 09:30
DIBANGUN: Masjid Al-Abrar Desa Mujan yang tengah dibangun. Masjid tersebut merupakan salah satu tempat kegiatan MTQ tingkat kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu untuk di Boyan Tanjung. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

BOYAN TANJUNG – Waktu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan yang ke-27, 4 – 10 Oktober ini, tinggal berlangsung dua minggu. Berbagai persiapan terus dilakukan. Sebagai tuan rumah, masyarakat Desa Mujan dan Boyan Tanjung dalam beberapa bulan terakhir ini terus bergotong royong mempersiapkan lokasi-lokasi yang dijadikan tempat MTQ.

 
Camat Boyan Tanjung, Sudarso, ketika dikonfirmasi terkait persiapan MTQ tersebut, mengatakan bahwa masyarakat Desa Mujan dan Boyan Tanjung tengah mempersiapkan berbagai keperluan dalam MTQ. “Kami sedang menata lapangan bola di Desa Mujan untuk pelebaran lapangan dan pembukaan jalan baru alternatif yang dibuat dua jalur menuju mimbar utama MTQ,” terangnya, Minggu (18/9) siang.

Untuk penataan lapangan dan pembukaan jalan alternatif, diyakini Sudarso, sudah 70 persen. Saat ini, dipastikan dia, masyarakat terus bergotong royong menyelesaikannya. Demikian dengan penataan tempat yang akan dijadikan tempat kegiatan MTQ, yakni, diungkapkan dia, dua gedung serba guna dan tiga masjid. “Ketiga masjid itu, Masjid Al-Abrar yang lama dan baru Desa Mujan serta Masjid Al-Islah Boyan Tanjung,” paparnya.

Sudarso optimistis, sebelum kegiatan MTQ tingkat kecamatan se-Kabupaten Kapuas Hulu dilaksanakan, persiapan sudah selesai mereka lakukan. “Partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Setiap hari masyarakat bergotong rotong,” ucapnya.

Tidak hanya tempat kegiatan yang dipersiapkan, tempat tinggal kontingen dari kecamatan-kecamatan, Panitia MTQ Kabupaten, dan Dewan Hakim juga sudah dipersiapkan mereka.

“Tempat tinggal kontingen salama MTQ kami gunakan rumah-rumah penduduk. Saat ini memang belum ditentukan, tapi sudah saya informasikan kepada masyarakat,” ucapnya. Paling tidak, kata dia, panitia kecamatan akan mempersiapkan 25 buah rumah.

Melihat persiapan dan antusiasme masyarakat, Sudarso optimistis pelaksanaan MTQ di Kecamatan Boyan Tanjung akan berlangsung lancar dan sukses.

Koordinator Bidang Pembinaan dan pengembangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Kapuas Hulu, H Tarmizi Ismail, juga optimistis pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan di Boyan Tanjung berjalan lancar dan sukses. “Kalau melihat persiapan dan antusias masyarakat atau panitia di sana, saya sangat optimis MTQ ini berlangsung sukses,” kata dia.

Tarmizi berharap agar pada MTQ tingkat kecamatan yang ke-27 ini, muncul qari-qariah berkualitas. Sehingga, mereka yang mencuat tersebut diharapkan dia bisa mengharumkan nama kabupaten ini pada MTQ tingkat provinsi ke 30 di Mempawah, 2017 mendatang. “Hasil dari MTQ tingkat kecamatan inilah yang akan dibina oleh pengurus LPTQ Kabupaten, agar bisa mengikuti MTQ tingkat provinsi dan nasional,” ungkapnya.(aan)

 

Berita Terkait