Warga Asal Tiongkok Kerja di Rumah Walet Tidak Miliki Dokumen

Warga Asal Tiongkok Kerja di Rumah Walet Tidak Miliki Dokumen

  Jumat, 16 September 2016 10:31
PERIKSA: Petugas dari Imigrasi Pontianak memeriksa dua Warga asing yang bekerja sebagai pembersih sarang burung walet di Jalan Tanjungpura, Rabu malam (14/9). HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PONTIANAK - Tim Pengawas Orang Asing Devisi Keimigrasian dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggerebek sebuah rumah di Jalan Tanjung Raya II, Kecamatan Pontianak Timur yang diduga sebagai tempat penampungan warga negara asing, Rabu (14/9) malam. Satu dari dua warga asing digiring ke Kantor Imigrasi karena tidak dapat menunjukkan dokumen resmi.

Penggerebekan yang dilakukan Timpora ini berawal dari informasi masyarakat terkait adanya rumah yang dicurigai sebagai tempat penampungan warga asing. Dari informasi tersebut tim yang terdiri dari enam orang petugas ini melakukan penyelidikan dan mengecek langsung ke lokasi. Dari penggerebekan itu ditemukan dua warga Tiongkok.

“Penggerebekan ini berkat informasi masyarakat. Kami tindaklanjuti dengan mengecek langsung ke TKP. Ternyata ada dua warga Tiongkok. Satu orang tidak bisa menunjukkan dokumen. Sementara ini kami amankan di Kantor Imigrasi,” kata Agustianur, Kepala Bidang Sub Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Pontianak.

Menurut keterangan sementara, kedua warga asing ini bekerja di penyedia jasa pembersih sarang walet. Namun dari pemeriksaan yang dilakukan, satu dari dua warga asing terpaksa harus dibawa ke Kantor Imigrasi kelas II Pontianak untuk diproses lebih lanjut.  

Sebelumnya, Timpora bersama Badan Intelijen Negara, POLRI, Kejaksaan, Jajaran Pemerintah Daerah dan Ketenagakerjaan, TNI, menangkap sebanyak 48 Orang WNA asal Tiongkok di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. (arf)

 

Berita Terkait