Walikota Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

Walikota Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

  Rabu, 31 Agustus 2016 19:52

PONTIANAK-Kecamatan Pontianak Tenggara melakukan panen perdana tanaman Golden Mama di halaman Kantor Camat Pontianak Tenggara, Selasa (30/8). Dengan momentum ini diharapkan masyarakat bisa memanfaatakan pekarangan rumah masing-masing, untuk menanam berbagai jenis tanaman dalam rangka mendukung kemandirian pangan.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji beserta Ketua TP PKK Kota Pontianak Lismaryani Sutarmidji, mendapat kesempatan ikut langsung memanen buah labu sejenis waluh (cucurbita) tersebut. Sutarmidji menyambut positif dan mendukung budidaya Golden Mama di wilayah Kecamatan Pontianak Tenggara. Menurutnya, budidaya labu jenis Golden Mama ini memiliki prospek yang bagus. Selain itu, pertumbuhannya cepat dan mudah perawatannya. “Masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan yang ada di rumahnya masing-masing untuk menanam Golden Mama ini,” ujarnya.

Menurutnya, budidaya Golden Mama ini sangat bagus sebagai upaya memanfaatkan lahan pekarangan yang ada. Dengan demikian, akan memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat. Menanam Golden Mama tidak sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. “Kalau setiap warga memanfaatkan pekarangan yang ada di sekitar rumah untuk ditanami tanaman seperti Golden Mama atau tanaman obat-obatan, jadi tidak perlu repot lagi membeli sayur mayur atau obat-obatan karena sudah tersedia di pekarangan,” ucapnya.

Ketua TP PKK Kota Pontianak Lismaryani Sutarmidji menambahkan, pihaknya gencar menggalakkan penyuluhan untuk pemanfaatan pekarangan, antara lain dengan menanam tanaman yang bermanfaat, seperti Golden Mama, sayuran, ubi-ubian, buah-buahan dan bumbu-bumbuan. Sementara untuk pembinaan teknis, PKK bekerja sama dengan SKPD terkait. “Hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan keluarga, dan selebihnya dapat dijual untuk menambah pendapatan keluarga dan meningkatkan penganekaragaman pangan lokal,” tuturnya.

Dijelaskannya, besar maupun kecil pekarangan yang menyatu dengan rumah, hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya,terutama untuk menunjang keperluan sehari-hari keluarga. Banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat bila pekarangan yang ada dimanfaatkan secara optimal. Selain bisa memenuhi kebutuhan sayur-sayuran dan buah-buahan bagi keluarga, juga mampu meningkatkan pendapatan keluarga bila ditekuni secara serius. “Hasil dari pekarangan itu dapat dinikmati oleh seluruh keluarga sehingga dapat terhindar dari krisis pangan,” pungkasnya.(bar)