Wali Kota Ajak Pahami Islam Secara Paripurna

Wali Kota Ajak Pahami Islam Secara Paripurna

  Rabu, 24 Agustus 2016 09:30
RESMIKAN: Wali Kota Pontianak Sutarmidji membubuhkan tanda tangan di prasasti saat meresmikan Gedung Majlis Tafsir Alquran (MTA) Perwakilan Kota Pontianak. ISTIMEWA

Berita Terkait

Wali Kota Pontianak Sutarmidji meresmikan Gedung Majlis Tafsir Alquran Perwakilan Kota Pontianak di Jalan Kesehatan, Selasa (23/8). Dengan hadirnya MTA ini diharapkan umat Islam dapat memahami ajaran agamanya secara paripurna. 

****

“PERTAMA tentu akan membawa umat Islam semakin paham tentang ajaran agama yang dianutnya, saya mengistilahkannya memahami ajaran agama Islam secara paripurna,” ungkap Sutarmidj usai peresmian. 

Sehingga lanjut dia, jika sudah paham secara paripurna, dengan sendirinya umat bisa mengimplementasikan ke dalam kehidupan beragama di Indonesia dengan baik. 

“Itu pasti, sehingga di sana kasih sayang akan timbul, Islam bisa terwujud sebagai agama yang Rahmatan Lil Alamin,” ungkapnya.  

Seperti yang disampaikan oleh ketua yayasan menurutnya, siapapun tidak boleh memaksa orang untuk memeluk agama Islam. Tetapi harus bisa memberikan pencerahan kepada umat tentang  Islam yang sesungguhnya. Dengan pemahaman atau pencerahan yang benar, orang tentu akan tetarik memperdalam Islam dan akhirnya mau memeluk agama Islam.

Dia mengatakan, dakwah memang harus kembali sebagaimana yang dilakukan dan dianjurkan oleh Rasulullah. “Tidak ada ada unsur paksaan, tetapi memberikan pemahaman, pencerahan dan prilaku santun serta saling menyayangi antara yang satu dengan yang lain,” jelasnya. 

Walaupun berbeda agama, kasih sayang, hubungan antarmanusia, dan makhluk lainnya perlu ditingkatkan. “Itulah ajaran Islam yang utuh dan sebenarnya,” ucapnya.  

Orang nomor satu di Pemkot Pontianak ini mengaku selama ini, kegiatan sosial MTA di Pontianak cukup membantu masyarakat. Seperti bantuan sosial, pembagian kebutuhan bahan pokok, dan donor darah. 

“Ke depan Pemkot akan mencoba bersinergi dengan MTA apa yang bisa dilakukan bersama untuk kebaikan umat yang ada di kota ini, Kalbar maupun Indonesia,” pungkasnya.

Ketua Pusat Yayasan MTA, Ahmad Sukina menambahkan, dengan adanya MTA di Kota Pontianak diharapkan bisa terus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Keramahan dan kasih sayang kepada masyarakat harus terus dijaga. 

“Berkasih sayang dengan yang lain, dakwah dengan baik, tidak ada paksaan dan kekerasan, dengan santun Insyallah, keberadaan MTA bisa lebih berkembang dan maju serta dapat mendukung program pemerintah,” tutupnya.(bar)

Berita Terkait