Waktunya Comeback Lewis!

Waktunya Comeback Lewis!

  Jumat, 13 May 2016 09:30
Lewis Hamilton saat di Shanghai, China (17/4). REUTERS/Pool

Berita Terkait

Masalah MGU-H Sudah Diamankan

BARCELONA--Pekan lalu, fans Lewis Hamilton murka karena masalah mobil yang menimpa pembalap Inggris itu terjadi secara beruntun di awal musim 2016 ini. Mereka sampai menuduh Mercedes melakukan sabotase demi mendukung rekan setimnya Nico Rosberg meraih gelar juara dunianya yang pertama. Mercedes membantah dengan menulis surat terbuka. Sementara Hamilton ikut mendinginkan suasana dengan meminta penggemarnya itu memercayai skuad Brackley akan bekerja keras untuk mengatasi masalahnya itu.

Fans Hamilton pantas curiga, meski tidak beralasan memang. Kerusakan MGU-H mesin turbo Hamilton bukan terjadi hanya sekali, tapi dua kali beruntun di Tiongkok dan Rusia. Belum lagi rentetan masalah, termasuk start dari belakang, yang membuat pertarungan antara Hamilton dan Rosberg, sebagai satu-satunya duel menarik di F1, sampai saat ini belum pernah tersaji. Rosberg terlalu dominan.    

Di Barcelona akhir pekan ini menjadi pembuktian bagi Hamilton, juga Mercedes, bahwa Rosberg bukanlah pembalap yang tak bisa dikalahkan. Tujuh kemenangan beruntun yang diraih pembalap Jerman itu, empat di antaranya musim ini, harus bisa dihentikan. ''Aku hanya belum sepenuhnya bisa mengekspoitasi mobilku. Jadi gelas ini baru terisi setengah,'' kata Hamilton dilansir Telegraph.

Dia menegaskan bahwa timnya bekerja 24 jam tujuh hari sepekan sejak kembali dari Rusia untuk menuntaskan masalah Motor Generator Unit-Head itu supaya di Barcelona tidak akan terulang. ''Priotitas utama kami adalah kembali dengan masalah MGU-H yang sudah teratasi,'' janji Direktur Teknis Mercedes Paddy Lowe.  

Sebenarnya Rosberg juga mengalami masalah teknis, namun pada titik yang berbeda. MGU-K (Motor Genenator Unit-Kinetic) saat race di Rusia. Tentu itu tidak boleh terjadi di Catalunya dimana trek ini punya karakter cepat dipadu dengan tikungan-tikungan teknikal di sektor terakhir. Barcelona menjadi tes bagi performa mobil semua tim kontestan. 

''Kualifikasi dan start balapan akan sangat krusial. Karena pada dasarnya sulit sekali melakukan overtaking di sirkuit ini,'' tambah Lowe. Apalagi Mercedes masih punya PR untuk performa start mereka di beberapa balapan sebelumnya.

Mercedes sendiri ingin melihat duel sengit antara Rosberg dan Hamilton di Barcelona. Karena itu mereka mengaku masih jauh dari puas dengan hasil yang diraih timnya sejauh ini. ''Kami selalu melakukan yang terbaik kepada dua pembalap kami. Melengkapninya dengan senjata yang terbaik dan kami akan melakukannya di Spanyol nanti,'' tandasnya dilansir Motorsport. Karena itu pula Lowe percaya Hamilton bakal bangkit akhir pekan ini dan memberikan perlawanan sengit pada pimpinan klasemen saat ini. Atau bahkan bisa menang.

Hamilton yakin sampai saat ini dia tetap salah satu pembalap tercepat di grid. Di Rusia dia yakin bisa menumbangkan Rosberg jika mobilnya tak bermasalah. Menurutnya 17 seri tersisa sangat cukup untuk mengejar defisit 43 poin dari rekan setimnya itu. ''Aku tahu aku cepat. Aku menyadarinya sejak uji coba di hari pertama di awal musim ini. Kini aku datang ke Spanyol dengan kepercayaan diri tinggi untuk akhir pekan yang indah,'' tutur Hamilton.(cak)

Berita Terkait