Wakili Indonesia di Tiongkok

Wakili Indonesia di Tiongkok

  Sabtu, 2 April 2016 10:25
YESSICA CUKARESTU

Berita Terkait

YESSICA Cukarestu asal Kalimantan Barat terpilih menjadi Hakka Amoi Indonesia 2016 pada Grand Final Pemilihan Ako Amoi Indonesia 2016 di Yogyakarta, Minggu (27/3). Nantinya Yessica akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Amoi Internasional di Tiongkok, September mendatang.

Yessica berhasil mengalahkan kontestan Amoi lainnya yang berasal dari 14 Hakka cabang yakni dari Batam, Sumatera Utara, Lampung, Jakarta, Bandung, Solo, Madiun, Semarang, DIY, Surabaya, Lombok, Singkawang, dan Kalimantan Barat.

Menghadapi ajang Amoi Internasional 2016 nanti, ia mengatakan akan lebih serius dalam persiapan dan proses pembekalan. Walaupun mungkin, proses pembekalan akan dilakukan sambil kuliah. Karena menurutnya, pendidikan tidak dapat ditinggalkan.

”Tentunya bukan main-main, menguasai bahasa asing, terutama bahasa mandarin. Pelajari budaya tiongkok khususnya budaya hakka,” ungkap Yessica kepada Pontianak Post, Jumat (1/4)

Pada awalnya, runner up 1 Hakka Kalbar mengaku melakukan berbagai persiapan, seperti talenta pribadi, talenta grup, kemampuan bahasa Mandarin, bahasa Inggris dan bahasa Hakka. Diungkapkan Yessica, ia tidak memiliki target juara. Beruntung, pembekalan didapatnya dari dosen Program Studi Bahasa Mandarin yang datang langsung dari Tiongkok.

Sebelumnya Yessica yang datang bersama rombongan Ako Amoi dari Singkawang, bersama peserta lain harus mengikuti Talent Show pada Sabtu (26/3) di Atrium Jogja City Mall. Grand Final digelar pada Minggu (27/3) di Imperial Ballroom The Sahid Rich Jogja Hotel.

Yessica juga harus mengikuti masa karantina pada 23-27 Maret. “Di masa karantina semua peserta sudah seperti keluarga, karena saling terhubung,” ungkapnya yang juga sedang menyelesaikan kuliah di Universitas Tanjungpura, Prodi Bahasa Mandarin.

Saat Grand Final, tujuh juri yang menentukan yakni Didik Nini Thowok, Novita Tandry, Soen Ai Ling, Lia Mustafa, Lucy Laksita, Andy Kurniawan Bong, dan Yovita Iskandar. Sementara itu, saat Talent Show, juri yang bertugas adalah Yutta Daruni, Andi S, dan Calvin Ciu.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Tuhan dan keluarga yang sudah mendorong dirinya dalam mengikuti ajang ini. Tak lupa juga terima kasih kepada semua pembimbing dan ketua umum Hakka Kalbar, Afu, yang juga mendukung penuh dirinya dalam kontes ini. (mif)

Berita Terkait