Wajah Kinclong untuk Lebaran

Wajah Kinclong untuk Lebaran

  Rabu, 6 July 2016 16:57
FOTO; Chandra Satwika/Jawa Pos/JawaPos.com

Berita Terkait

SELAIN kebersihan hati, kebersihan wajah menambah sukacita dalam merayakan hari nan fitri. Bagi perempuan, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengembalikan kelembapan kulit wajah saat Idul Fitri.

Dengan begitu, penampilan kian sempurna saat sanak keluarga berkumpul. ”Harus tampil oke dong kalau mau kumpul keluarga pas Lebaran,” kata Putri Novita Sari.

Jumat (1/7) lalu, perempuan 27 tahun itu melakukan perawatan kulit di Erha Skin Care Sidoarjo. Pengembalian kelembapan itu memang penting setelah sebulan berpuasa.

Sebab, asupan cairan dalam perawatan wajah memang begitu penting. Air memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Kulit bisa bermasalah kalau terpapar suhu lingkungan yang tinggi, terkena AC, dan kandungan cairan tubuh terserap tatkala berpuasa.

”Absorbsi (penyerapan, Red) ini yang bikin kulit kering, kusam, bahkan keriput,” ujar dr Lisiana Indra Utami, ahli dermatologi Erha Skin Care Sidoarjo.

Untuk menghindari munculnya garis halus atau keriput gara-gara kelembapan wajah berkurang, dr Listiana memberikan beberapa kiat.

”Yang paling penting, mengonsumsi air putih yang cukup saat berbuka dan sahur untuk mencegah kulit dari dehidrasi,” tegas Listiana.

Menurut dia, langkah itu mutlak dan paling sederhana untuk memulai perawatan pada kulit. Dia juga menyarankan untuk selalu mandi secara teratur.

Menggunakan sabun ber-moisturizer dan sunblock juga akan menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih.

”Nggak mungkin kan kita sembunyi dari aktivitas siang. Jadi, rutin aja pakai sunblock,” ujar Lisiana. Dia juga mengingatkan agar pemilik kulit kering tidak mandi dengan air hangat.

Untuk menambah kesegaran dan rona wajah, asupan vitamin yang cukup sangat diperlukan.

”Terkadang juga perlu suplemen sih untuk menambah vitamin wajah pada kasus-kasus tertentu,” tutur dia saat melakukan konsultasi kulit di klinik.

Biasanya, perawatan dasar yang bisa dilakukan adalah facial atau peeling untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit yang menyebabkan warna kusam.

Penggunaan lip balm juga sangat dianjurkan supaya kelembapan bibir terjaga. Hal lain yang juga kini menjadi gaya hidup sebagian besar perempuan kota adalah merawat wajah di klinik kecantikan.

Menurut dia, alternatif itu bisa jadi pilihan yang praktis. ”Bisa saja merawat diri sendiri di rumah. Tapi, kalau nggak sempat, ya bisa ambil terapi wajah biar kinclong,” ucapnya.

Salah satu yang bisa dipilih adalah perawatan sinar merah (deep pore cleansing therapy) yang bertujuan menghilangkan jerawat, yang bertujuan menghilangkan jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan membuat wajah menjadi berkilau alias kinclong. (via/c11/dos/sep/JPG)

 

 

 

Berita Terkait