Wagub Lepas Kontingan JAMNAS X Pramuka Kalbar

Wagub Lepas Kontingan JAMNAS X Pramuka Kalbar

  Rabu, 10 Agustus 2016 11:23
SERAHKAN BENDERA : Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya menyerahkan Bendera Kontingan kepada pimpinan Kontingan Jambore Nasional Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, pada upacara pelepasan kontingan Jamnas X Pramuka Kalbar di halaman Asarama Haji Pontianak, Senin (8/8). Foto : Ruslan Humas Prov

Berita Terkait

PONTIANAK – Jambore Nasional (Jamnas) merupakan kegiatan rekreasi edukatif bagi Pramuka Penggalang dari seluruh Indonesia yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar. Kegiatan ini menitikberatkan pada pengembangan diri peserta, mencakup bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Kegiatan ini juga berupaya mewujudkan Indonesia seutuhnya yang memiliki kualitas keimanan dan, ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa Pancasila,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya, SE.,MM dalam sambutannya saat melepas kontingen Jambore Nasional Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat tahun 2016 untuk mengikuti Jambore Nasional ke X tahun 2016 di Cibubur, yang berlangsung di halaman Asrama Haji Pontianak, Senin ( 8/8 ).

Ditambahkan Wagub bahwa, keikutsertaan Kontingen Kalimantan Barat pada ajang Nasional Gerakan Pramuka yang dihelat selama 5 tahun sekali ini, Wagub menilai merupakan momentum yang berharga bagi berkiprahnya Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat di Tingkat Nasional, selain untuk memupuk rasa kebangsaan, memperluas wawasan dan mempererat rasa persaudaraan antar Pramuka seluruh Provinsi di Indonesia, juga sebagai ajang berkompetisi secara sportif dan fair play dalam menguji hasil dari berbagai pelatihan kecakapan dan dibekalkan kepada peserta jambore selama ini. Kegiatan dilakukan di alam terbuka, penuh eksotis dalam suasana yang gembira, relaks tetapi sangat mengasyikkan. Tema yang diusung pada jambore nasional tahun 2016 ini yaitu “keren, gembira, asyik”.  

“Tema ini memiliki makna yang sangat dalam sebagai upaya untuk menumbuhkan dan menggairahkan kembali semangat untuk mengikuti dan mengembangkan kegiatan kepramukaan kepada generasi muda sebagai wujud implementasi revitalisasi gerakan pramuka,” katanya.

Dalam kesempatan tersaebut Wagub selaku Kamabida Prov Kalbar berharap kepada seluruh peserta, untuk menjadikan kegiatan Jambore Nasional ini sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara, kepribadian yang kuat, tangguh dan rasa kesetiakawanan sosial, kejujuran, sikap toleransi kemampuan bekerjasama serta kedisiplinan yang tinggi.  Karena pada saat ini dalam tatanan dunia global yang penuh peluang dan tantangan, dapat membawa nama baik, citra, dan wajah Kalimantan Barat, dengan menunjukkan keyakinan diri, kebanggaan dan percaya diri serta jangan lupa untuk selalu mengembangkan sikap hormat kepada siapapun, serta dapat mengikuti semua kegiatan yang sudah diprogramkan dengan baik dan serius untuk mengambil ilmu dan manfaat untuk menambah wawasan kegiatan kepramukaan di daerah nantinya.

“Wagub juga berpesan kepada seluruh pendamping dan pembina pramuka agar dapat membantu adik-adik Pramuka Kalbar dengan baik sehingga seluruh kegiatan yang sudah terprogram oleh panitia Jambore Nasional dapat diikuti dengan baik dan lancer,” katanya. (humprov)   

Berita Terkait