Wabup Salurkan Bantuan Banjir

Wabup Salurkan Bantuan Banjir

  Jumat, 29 July 2016 09:30
BANTUAN: Wabup Gusti Ramlana menyerahkan bantuan banjir di Kecamatan Siantan. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

WAJOK - Pemerintah Kabupaten Mempawah menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Dusun Pandan, Parit Mambok Desa Wajok Hulu, Rabu (27/7) siang. Bantuan berupa makanan itu diserahkan oleh Wakil Bupati, Gusti Ramlana di posko penanganan banjir Kecamatan Siantan.

Bantuan yang disalurkan berupa mie instan sebanyak 60 dus, ikan kaleng 100 buah, kopi, gula dan air mineral. Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati didampingi Kepala BLHPBD, Syahrizal dan Plt Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transimigrasi, Burhan.

Sebelumnya, bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Siantan juga telah disalurkan Pemerintah Kabupaten Mempawah pada Senin (25/7) lalu. Bantuan beras sebanyak 1 ton dan 260 dus mie instan diberikan kepada warga korban banjir di Parit Jepun, Desa Wajok Hilir dan Parit Latong, Desa Jungkat.

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat sedikit meringankan beban para korban banjir. Terutama menyangkut kebutuhan makanan para korban bencana,” harap Ramlana.

Ramlana meminta para korban banjir di seluruh wilayah Kecamatan Siantan agar terus bersemangat dan tidak putus asa. Jadikan musibah banjir ini sebagai bagian dari ujian kehidupan untuk meningkatkan rasa syukur, keimanan dan ketaqwaan manusia kepada Sang Pencipta.

“Walau sedang mengalami musibah dan bencana, kita tidak boleh berkeluh kesah. Jadikan musibah ini bahan evaluasi untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat. Baik itu kesenangan maupun kesedihan,” ujarnya.

Ramlana pun mendoakan agar musibah banjir yang merendam pemukiman masyarakat disejumlah dusun dan desa di Kecamatan Siantan segera berlalu. Agar, para korban dapat kembali beraktivitas dengan normal dan lancar.

“Banjir yang merendam pemukiman warga ini disebabkan tingginya curah hujan. Mudah-mudahan dalam pekan ini, intensitas curah hujan semakin menurun dan banjir tidak lagi merendam rumah-rumah warga,” ucapnya.

Dilain pihak, Anggota DPRD Dapil Siantan-Segedong, Darwis, SH, MH meminta agar pemerintah daerah segera melakukan penanganan dan penanggulangan terhadap korban banjir di Kecamatan Siantan. Bantuan berupa makanan dan obat-obatan secepatnya disalurkan.

“Dinas kesehatan perlu membangun posko kesehatan disekitar lokasi banjir. Agar, korban yang sakit dapat segera berobat dan mendapatkan penanganan medis,” desaknya.

Darwis yang juga menjabat Ketua Fraksi Nasdem DPRD Mempawah ini menyarankan agar pemerintah daerah dapat memikirkan solusi untuk mengatasi banjir diwilayah itu. Mengingat, penyebab rendaman banjir dipastikan akibat kuran baiknya saluran pembuangan.

“Setiap kali curah hujan tinggi, pasti terjadi rendaman air. Ini dikarenakan debet air yang tinggi tidak mampu terbuang dengan lancar melalui aliran sungai. Makanya, aliran sungai harus di normalisasi agar pembuangannya lancar. Bila perlu dibuat bendungan dengan menggunakan dana CSR dari perkebunan sawit yang ada diwilayah itu,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait