Wabup: Jaga dan Manfaatkan Aset Sekolah , Idrus Resmikan USB SMK Al-Aqwam

Wabup: Jaga dan Manfaatkan Aset Sekolah , Idrus Resmikan USB SMK Al-Aqwam

  Rabu, 24 February 2016 10:40
SEKOLAH BARU: Wakil Bupati Kayong Utara Idrus dengan disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Kayong Utara M Sukardi meresmikan Unit Sekolah Baru SMK Al-Aqwam, Sabtu (20/2) lalu. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Wakil Bupati (Wabup) Kayong Utara meresmikan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Al-Aqwam, Sabtu (20/2) lalu. Lembaga pendidikan ini sendiri diselenggarakan oleh masyarakat melaui Yayasan Al-Aqwam. Sedangkan dana pembangunannya berasal dari sharring Yayasanan dan bantuan hibah dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Sekolah yang berbasis kejuruan di bidang agribisnis tanaman pangan dan hortikultura tersebut, mengusung pola pengasuhan kepesantrenan, berasrama, dan berpola usaha. Beralamat di Jalan Tanjungpura Desa Sungai Belit, Kecamatan Sukadana, sekolah tersebut telah menambah ruang kelas baru berupa ruang praktik komputer jaringan, empat lokal ruang laboratorium, dan penambahan ruang kelas yang pengerjaannya dimulai pada 4 Agustus 2016 lalu, dan berakhir pada saat diresmikan.

Wabup mewakili pemerintah, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pimpinan daerah Hidayatullah Kayong Utara, melalui Yayasan Al-Aqwam Kayong Utara, yang telah membantu salah satu program pemerintah di bidang pendidikan, yaitu dengan pendirian SMK Al-Aqwam.

“Sesuatu hal yang sungguh membanggakan dan sekaligus mengharukan, berkat perjuangan yang gigih, kerja sama yang baik serta doa yang tak pernah putus asa, terutama dari para pendiri sekolah, sebagai lembaga pendidikan swasta yang sangat  baru telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Pusat, melalui program bantuan  pendirian unit sekolah baru ini. Ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak pilih-pilih dan bersungguh-sungguh dalam membantu sektor pendidikan.

Pemerintah daerah Kayong Utara melalui program pendidikan gratis juga telah ikut membantu berupa dana BOP dan bantuan perkuatan lainnya,” ucap Idrus di hadapan para tamu undangan yang terdiri dari Ketua DPRD Kayong Utara, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Sukadana, Ketua Yayasan Al-Aqwam, Kepala Sekolah, dewan guru, serta para toko agama dan tokoh masyarakat.

Idrus menilai konsep yang diterapkan pada SMK Al-Aqwam Sukadana yang tertuang dalam visi dan misi sekolah, serta pemilihan kompetensi keahlian yang dipilih, dipandang penting untuk mengembangkan potensi pertanian di kabupaten ini. Terutama, menurut dia, dalam pengolahan tanah, pembenihan dan kultur jaringan, penanggulangan hama dan penyakit, yang semua itu memerlukan tenaga-tenaga kerja terdidik.

“Dirasakan sungguh sebuah lembaga pendidikan yang menjanjikan, terutama didukung oleh Pemerintah Pusat maupun daerah, yayasan, donatur, serta masyarakat luas. Potensi yang dimiliki sudah cukup memadai, seperti tenaga pendidik yang menguasai bidang keahlian pendidikan, lahan praktik yang relatif luas, prasarana gedung, perabot dan laboratorium yang representatif, peralatan pertanian yang cukup, serta kemitraan yang luas dengan stakeholder lainnya,” tuturnya.

Kemudian sebelum secara resmi menandatangani prasasti peresmian dan pembukaan tirai papan nama, Wabup mengucapkan selamat kepada para pengurus sekolah dan Yayasan, termasuk para siswa yang telah menempati gedung baru. Dia berpesan agar nantinya dengan gedung baru tersebut, dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi sekolah. Harapan dia, dengan semangat belajar tersebut, akan menjadi daya tarik bagi anak-anak yang masih di jenjang sekolah tingkat pertama untuk dapat bersekolah di sana.

“Pesan kami teruslah berjuang, jangan putus asa, teruslah berbuat yang terbaik bagi masyarakat Kayong Utara. Jangan cepat berbangga diri dan berpuas diri. Dan khusus kepada siswa-siswi SMK Al-Aqwam, belajarlah sungguh-sungguh, manfaatkan dan jagalah dengan baik semua aset sekolah kalian dan jangan Kalian kecewakan orang-orang yang telah banyak membantu kalian, terutama orang tua, guru, pengasuh, dan masyarakat,” tutupnya. (Humas/dan)

 

Berita Terkait