Vegetarian Kian Familiar

Vegetarian Kian Familiar

  Selasa, 13 September 2016 09:56
VEGETARIAN FOOD: Masyarakat saat membeli makanan di acara Indonesia Vegetarian Society Vihara Maitreya Jalan A Yani II, Kubu Raya beberapa waktu lalu. Masyarakat sudah banyak memulai pola mengkonsumsi makanan vegetarian yang kini sudah menjadi gaya hidup.

KUBU RAYA--Kuliner Vegetarian kini telah menjadi tren di kalangan masyarakat. Berbagai penelitian secara ilmiah telah membuktikan,  vegetarian dapat mencegah berbagai penyakit, memperpanjang umur, meningkatkan kehidupan yang lebih sehat. Terlebih lagi, dengan bervegetarian kita dapat melindungi dan menjaga lingkungan hidup.

 
Kepedulian untuk menjaga kesehatan semakin meningkat. Banyak cara yang dipilih untuk menjaga kesehatan pribadi maupun keluarganya. Salah satu pilihan adalah dengan mengusung gaya hidup Vegetarian.

Dengan tidak mengonsumsi daging dari berbagai hewani, Vegetarian mengganti bahan makanan mereka dengan sayur ataupun nabati. Beberapa waktu lalu, salah satu kelompok Vegetarian di  Indonesia bernama Indonesian Vegetarian Sociaty (IVS) mengadakan kongres nasional di Vihara Maitreya, Jalan Arteri Supadio Kubu Raya. Kongres nasional IVS tersebut dimeriahkan juga dengan gelaran bazaar vegan dan seminar kesehatan ala vegan.

Ketua IVS Kalimantan Barat, Ngak Song menjelaskan, seminar kesehatan vegan  merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Tahun ini, seminar tersebut mengusung tema tentang “Bagiamana Menjadi Insan yang Sehat dan Bahagia”.

Kegiatan ini dinarasumberi dr. Susianti M.Km selaku President International Vegetarian Union (IVU). Ruang Aula Vihara  Maitreya dipenuhi lebih dari 300 orang. Seminar kesehatan ala vegan ini tidak diberikan IVS hanya untuk para anggotanya.“Seminar ini terbuka untuk umum.Cukup dengan membayar biaya pendaftaran, semua orang bisa mengikuti seminar,” kata Ngak Song.

Ngak Song memaparkan, saat ini IVS sudah memiliki ribuan anggota yang dari berbagai kalangan usia. “kita sudah punya ribuan anggota. Itu bukti bahwa gaya hidup vegetarian semakin familiar di telinga masyarakat,”ucapnya.

Anggota IVS tidak mengenal usia, bahkan kata Ngak Song, ada anggota vegetarian IVS yang sudah bervegetarian sejak dalam kandungan. “kalau sudah orangtuanya vegetarian ya pasti anaknya vegetarian dari dalam kandungan,” katanya.

Dijelaskannya, vegetarian merupakan pola hidup yang dapat membuat hidup lebih sehat dan meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Berbagai keuntungan akan diperoleh setiap individu yang mengusung pola hidup vegetarian. “Kita dapat menghindari penyakit generative yang mematikan seperti diabetes, stroke, kanker dan lainnya,” pungkasnya.

Untuk menjadi vegetarian haruslah memiliki niat dan tekad kuat. Karena apabila tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh semuanya akan sia-sia. “Kalau niat dan tekad kita kuat pasti akan ada 1001 jalan untuk memudahkannya.Tapi kalau memang tidak niat, akan ada 1001 alasan untuk menapiknya,” ungkap Ketua IVS Kalimantan Barat.

Dia menilai, jika seseorang sudah terserang penyakit mematikan, hidupnya bagaikan sudah direnggut penyakit yang diidapnya tersebut. “Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” kata Ngak Song.

Ketenaran Vegetarian juga dikatakan Ngak Song dengan semakin banyaknya restoran yang mengusung menu makanan mereka dengan Vegetarian. “Saat ini di Kota Pontianak sudah ada 20 restoran yang menyuguhkan menu Vegetarian.  Jadi itu juga tanda kalau Vegetarian semakin akrab dengan masyarakat,” katanya lagi.

Masakan vegetarian juga sangat variatif, tak kalah dengan menu makanan pada lazimnya. Vegetarian juga kerap menyuguhkan menu seperti nasi padang, nasi tim, sate dan lainnya. Bedanya, tentu dari bahan dasarnya, Vegetarian mengganti bahan dasar daging tersebut dengan daging nabati yang dibuat dari kacang kedelai, jamur ataupun glutan.

Ditambahkan Ngak Song,  Vegetarian kini tidak lagi milik sekelompok orang atau salah satu agama. Melainkan sambung dia, Vegetarian sudah milik semua orang yang ingin hidup sehat tanpa mengenal suku, agama dan lainnya. (pah)