Variasi Kebab Roll

Variasi Kebab Roll

  Kamis, 12 May 2016 09:52

Berita Terkait

Saat hujan, tak hanya cuaca dinginnya saja yang menyelimuti tubuh, tetapi juga menimbulkan rasa lapar. Makanan yang enak dan hangat menjadi keinginan dan kebab pun bisa menjadi pilihan. Kebab merupakan jenis makanan kombinasi antara daging dan sayuran. Jenis kebab pun beragam, ada yang ditusuk, ada pula yang digulung alias kebab roll. 

Oleh : Marsita Riandini

Kebab roll termasuk jenis kebab yang populer di Indonesia. Kebab yang satu ini terbuat dari olahan daging baik itu sapi, ayam, ataupun daging kambing yang di potong tipis dan dibumbui. Daging tersebut dicampur bersama sayuran seperti timun, selada, saus  kemudian diletakkan diatas sebuah roti tipis yang sudah dipanggang atau dikenal dengan nama tortila. Kemudian digulung dan siap dinikmati. 

Di Pontianak, ada beberapa tempat yang menyediakan menu kebab sebagai pilihan yang bisa Anda coba. Salah satunya Kebab Beib yang berlokasi di Jalan Teuku Umar dan Sungai Raya Dalam. Kisaran harga yang ditawarkan bervariasi, seperti kebab superspesial harganya 25 ribu rupiah.  

For Her pun berkesempatan mencicipi beberapa varian kebab yang sudah ada di Pontianak sejak Mei 2015 ini. Tortila yang digunakan seperti tortila pada umumnya. Yang membedakannya adalah proses pembuatannya.

Tortila yang sudah dilengkapi dengan isian dipanggang pada tempat khusus tanpa menggunakan minyak lalu ditekan sehingga membuat bentuk tortila bergaris-garis. “Kebab itu menurut saya termasuk salah satu jenis makanan yang tidak ada matinya. Orang tidak bosan makan kebab. Jadi bukan sekadar ikut tren,” ucap Ayuningtyas Hapsari, Pendiri Kebab Beib.

Tak begitu sulit bagi Ayuningtyas mengembangkan usahanya ini. Tantangan awalnya kata dia memperkenalkan makanan ini kepada masyarakat. “Tidak semua masyarakat tahu bentuk kebab itu seperti apa dan kebab itu. Ini jadi tantangan awal saya. Selain itu juga dalam usaha khan, bukan sekadar orang mau saja, tetapi bagaimana orang bisa datang lagi setelah satu kali membeli,” urainya. 

Ada tiga pilihan daging yang bisa dipilih saat menikmati kebab yaitu daging ayam, daging sapi, juga daging kambing. “Paling diminati daging sapi. Ini sesuai selera pembeli. Yang jelas berusaha menyiapkan bahan baku yang fresh dan tanpa bahan pengawet,” ucap dia. 

Konsumen pun dimanjakan dengan beragam varian kebab, dan tinggal memilih sesuai dengan selera.Ingin menikmati sensasi kebab dengan lelehan mozarela? Varian kebab yang satu ini bisa menjadi pilihan. Lelehan mozarela sudah terasa pada gigitan pertama. Kebab yang disajikan dengan ukuran yang pas di perut sehingga dijamin puas menikmati kebab ini. 

Tapi bagi Anda yang ingin ekstra kondimen, bisa pula menikmati varianspesial yang satu ini. Setiap kondimen ditambahkan 40 persen dari takaran aslinya. Terdapat pula telur didalamnya, yang melengkapi citarasa kebab ini. “Menu yang spesial ini lebih lengkap dari yang lain. Ada dagingnya, sayurannya, keju, dan telur,” papar dia. 

Bagi penyuka selera pedas, Anda bisa menikmati kebab yang menggunakan hot tortila. Adapula Blackpepper Kebab. Berbeda dengan dua menu kebab diatas, menu yang satu ini terbuat dari tortillla dengan rasa blackpepper. Warnanya pun lebih gelap dibanding tortila lainnya. Kandungan lada pada menu ini memberikan kehangatan saat menikmatinya. “Isiannya juga ada blackpepper dan sayuran. Menu yang satu ini disenangi oleh para cowok-cowok,” pungkasnya yang saat ini mulai mengembangkan sistem kemitraan pada januari 2016 dan bisa dilihat di www.kebabbeib.com ini untuk lebih lengkapnya. **

-----------------------

Jenis Kebab Lainnya

Tak hanya kebab roll saja, ada beberapa varian kebab yang bisa dicoba. Secara umum, kebab-kebab ini terbuat dari bahan dan olahan yang sama. Hanya saja ada yang ditambahkan dengan nasi dan kentang. Paling membedakannya adalah cara penyajiannya. Berikut beberapa jenis kebab selain kebab roll : 

 

Shish Kebab

 

Kebab ini berasal dari daerah Turki, biasanya kebab ini dibuat dengan cara memotong daging dengan bentuk dadu lalu ditusuk dalam tusukan sate lalu dikombinasikan dengan berbagai macam jenis sayur seperti tomat, paprika, bawang dan jamur, lalu dibakar dia atas panggangan hingga kecoklatan.

 

Chelow Kabab

Makanan yang satu ini adalah makanan yang paling sering disajikan di negeri Iran. Bahan-bahan nya adalah kombinasi dari beberapa variasi kebab Persia dengan nasi, lavash (roti tipis), tomat bawang, jamur, dan beberapa sayuran lain nya. Sebagai pelengkap, kebab ini biasanya diberidoogh (yoghurt tradisional Persia), yang mempunyai cita rasa asin dan mint, terkadang dibuat dari air mineral berkarbonat.

 

Donner kebab 

Donner kebab di Istambul termasuk salah satu kebab yang sempat booming dan di jual di stal atau gerobak pinggir jalan di kota Bandung. Daging di panggang dalam potongan yang besar kemudian diiris tipis tipis pada saat di sajikan dengan nasi hangat kentang. (*/bbsb)

Berita Terkait