Urus Perkara Jangan Pakai Calo

Urus Perkara Jangan Pakai Calo

  Sabtu, 20 Agustus 2016 10:55
PERADILAN: Kepala PN dan PA dalam acara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI di Pengadilan Agama Sanggau.

Berita Terkait

SANGGAU – Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Mahkamah Agung Republik Indonesia di Kabupaten Sanggau ditandai dengan upacara di Halaman Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Sanggau. Peringatan kali ini mengangkat tema “Penguatan Akuntabilitas Peradilan Dalam Rangka Menggapai Kembali Kepercayaan Publik”.

 

Tema ini menjadi fokus dua pimpinan pengadilan yakni pengadilan agama dan pengadilan negeri mengingat belakangan lembaga peradilan menjadi sorotan publik salah satunya terkait sejumlah kasus suap.

 

Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Sanggau, Juaini menyampaikan sorotan ini menjadi bahan evaluasi bersama. Selaku pimpinan, dirinya telah memperingatkan para hakim maupun pegawainya agar tidak berbuat hal-hal yang melanggar aturan.

 

“Saya percaya disini tidak akan melakukan hal-hal yang dapat mencoreng nama baik institusi. Saya juga sudah memberikan arahan terkait isu-isu yang berkembang di masyarakat,” ujarnya.

 

Kepada masyarakat, Juaini juga mengingatkan agar jangan pernah berhubungan dengan yang namanya calo untuk mengurus perkara. Atau misalnya ada yang menjanjikan bisa menguruskan perkara agar dapat berjalan mulus.

 

“Jangan sekali-sekali berurusan dengan calo untuk mengurus perkara. Datang saja kesini, nanti petugas kita akan bantu kalau yang bersangkutan tidak mengerti,” tegasnya.

 

Senada dengan Juaini, Kepala Pengadilan Negeri Sanggau, Achmad Irfir Rochman menyampaikan dia secara tegas memberikan arahan kepada para hakim agar tidak menerima tamu yang berkaitan dengan perkara. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, semisalnya suap untuk memuluskan perkara.

 

“Saya sudah tegaskan hal itu. Jadi tidak ada lagi hakim begini, hakim begitu. Saya harus tegas demi nama baik lembaga peradilan kita di Kabupaten Sanggau ini,” tegasnya. (sgg/ser)

Berita Terkait