Urbex People Pontianak, Pencinta Fotografi Urban

Urbex People Pontianak, Pencinta Fotografi Urban

  Jumat, 7 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

BENAR apa yang dikatakan banyak orang, kalau kita sudah menyukai satu genre rasanya sulit untuk pindah ke genre lain. Alasannya? Ya karena sudah menemukan ‘feel’ tersendiri dan terlanjur jatuh cinta dengan genre tersebut. Seperti halnya dengan genre dalam fotografi. Dari sekian banyak genre seperti wildlife, landscape, portrait, street, ada sebagian pecinta fotografi yang memilih genre urban exploration. Urban exploration sendiri adalah sebuah kegiatan petualangan yang untuk mengeksplorasi tempat-tempat terpencil yang umumnya adalah bangunan yang tidak terpakai. Di Pontianak sendiri ada lho komunitasnya, siapa mereka?

Here we are Urbex People Pontianak! Dari namanya aja udah bisa dipastikan kalau ini adalah komunitas regional Pontianak yang berisi pencinta fotografi genre urban exploration atau yang biasa kita kenal dengan istilah urbex. Urbex People Pontianak sendiri adalah anak dari komunitas Urbex People yang berpusat di kota Bogor. Tujuan utama dibentuk komunitas ini tak lain dan tak bukan sebagai wadah pecinta urban exploration dimana di sini mereka bisa menambah relasi teman sesama pencinta fotografi dan sebagai tempat bagi mereka yang ingin belajar ilmu fotografi khususnya genre urbex.

Salah satu kegiatan rutin komunitas yang sudah berdiri sejak 8 Febuari 2014 ini adalah Urban Meet. Kegiatan ini rutin diadakan di sekitar bulan Febuari dan September dimana dalam kegiatan ini para pencinta fotografi urbex se-Indonesia bertemu di kota yang sudah ditentukan, sharing ilmu, hunting foto bersama dan mengadakan challenge foto urban terbaik. Selain itu, kegiatan Urban Meet se-Indonesia ini juga sebagai wadah bagi setiap komunitas regional memamerkan lokasi daerahnya masing-masing.

Urbex People Pontianak yang terdiri dari 80 anggota aktif ini juga pernah mengadakan urban meet regional wilayah Pontianak sebanyak 3 kali di lokasi daerah Pasar Mawar dan gedung WBA di daerah Kuala Dua. Kegiatannya hampir sama dengan Urban Meet hanya saja yang membedakannya adalah ruang lingkupnya se-kota Pontianak saja. Salah satu tempat di Pontianak yang paling sering digunakan dalam foto bergenre urban ini adalah gedung WBA, pabrik tak terpakai yang terletak didaerah Kuala Dua dekat Rasau Jaya. Lokasi ini paling mainstream yang sering digunakan anak urbex. Hayo, pasti yang mau foto buku tahunan langsung kepoin lokasinya deh.

Dari sekian banyak genre fotografi, genre urban dipilih karena dinilai menarik dan memerlukan kreatifitas tinggi. “Tergabung di Urbex People Pontianak bikin aku jadi tambah kreatif karena di sini kita dituntut untuk bisa memutar otak membuat tempat yang sudah tidak terpakai lagi menjadi tempat yang memiliki daya tarik. Itu jadi sebuah tantangan tersendiri buat aku,” cuap Caesar Faiz, salah satu anggota Urbex People Pontianak. Nah, bagi kamu yang pengen kepoin hasil jepretan fotografi bergenre urban bisa langsung kepoin instagram @urbexpeoplepnk atau yang pengen join bisa langsung direct message foundernya di akun instagram @polarizch. Selamat berkarya! (dee)

Berita Terkait