Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja

Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja

  Selasa, 3 May 2016 10:37
TINJAU BLKI: Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Drs HM Mansur MSi, mewakili Bupati, meninjau salah satu peralatan pelatihan keterampilan peningkatan kompetensi di UPTD BLKI Ketapang, kemarin (2/5). ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Bupati Ketapang memberikan apresiasi kepada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Ketapang  yang  telah membangun potensi sumber Balai Latihan kerja (BLK). Apresiasi tersebut disampaikan dia dalam pembukaan Pelatihan Ketrampilan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinsosnakertrans Kabupaten Ketapang, Senin (2/5). Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 90 peserta.

“Balai Latihan Kerja dibangun dengan tujuan mencetak tenaga profesional. Usai diberikan pelatihan, diharapkan dapat dan  mampu bersaing dalam dunia usaha produktif,” ujar sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Drs HM Mansur MSi, saat membuka kegiatan tersebut atas nama Bupati. ”Niat dan tujuan baik yang melatarbelakangi kegiatan keterampilan kerja yang dilaksanakan oleh Balai Latihan Kerja ini, semoga mendapat rida dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda.

Bagia dia, kegiatan praktik belajar kerja di BLK ini berarti membangun lembaga pendidikan, yang akan menyiapkan tenaga-tenaga kerja usia produktif di wilayah Kabupaten Ketapang. Tenaga kerja ini diharapkan dia dapat menjadikan individu-individu yang memiliki keterampilan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Dia berharap agar kegiatan yang dilaksanakan Dinsosnakertrans melalui latihan kerja tersebut, dapat mendukung  terwujudnya perekonomian. Dia yakin, melalui pelatihan seperti ini, dapat menyediakan kesempatan kerja dan penghidupan yang layak, serta memberikan pondasi yang kokoh bagi pembangunan yang berkelanjutan.

“Kegiatan  praktik belajar ini didasari motto kemandirian, yaitu berusaha, bekerja, berkarya, merupakan hal yang  harus selalu menjadi landasan dalam melakukan segala aktivitas,” terang Sekda. Dengan demikian, diharapkan dia agar penyelenggaraan praktik belajar kerja di BLK, dapat ikut membangun sumber daya manusia yang produktif dan menciptakan individu-individu yang terampil. Lebih lanjut, ia menjelaskan, pada era globalisasi seperti saat ini, bangsa ini dituntut untuk siap menghadapi arus budaya dan teknologi dari luar. Hal seperti itu, menurut dia, menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. “Sebagai jawaban agar kita mampu bersaing dengan bangsa lain,” kata dia.

Di BLK tersebut, diingatkan dia, selain megembangkan kurikulum pelatihan yang sesuai dengan kondisi dan situasi global, perlu juga dikembangkan materi pengajaran sikap dan perilaku kerja. Harapan dia agar pembelajaran yang bermutu tersebut, akan menghasilkan individu-individu yang berwawasan  luas, profesional, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta memiliki sikap dan perilaku yang baik serta jujur. Oleh karena itu ia berharap agar ke depannya, BLK ini dapat memosisikan diri sebagai mitra bagi perusahaan yang memerlukan tenaga profesional. (ser)

Berita Terkait