Untan Terbaik Nasional

Untan Terbaik Nasional

  Kamis, 14 April 2016 09:31
EKONOMI DAERAH: Rektor Untan menerima penghargaan dari Menteri Bappenas terkait kinerja evaluasi pembangunan daerah, kemarin.ISTIMEWA

Berita Terkait

PONTIANAK – Universitas Tanjungpura menjadi perguruan tinggi yang dianggap mampu mengevaluasi kinerja pemerintah. Kemarin (13/4), Tim evaluasi kinerja pemerintah daerah (EKPD) Universitas Tanjungpura mendapatkan penghargaan terbaik ke 3 nasional oleh Kementerian PPN / Bappenas bersama Universitas Borneo Tarakan dan Universitas Negeri  Gorontalo. Untan mampu berada di papan atas dari perguruan tinggi di 34 provinsi se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PPN / Bappenas Dr Sofyan Djalil di Jakarts. Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, yang menerima penghargaan yang diberikan tersebut, mengatakan bahwa ini adalah prestasi yang membanggakan juga sekaligus membuktikan kesungguhan untuk memberikan kerja terbaik, objektif dan dan berkualitas nasional. “Dengan ini kami menunjukan kerja terbaik, objektif dan berkualitas nasional,” ujarnya.

Sementara itu ketua tim EKPD Unversitas Tanjungpura, Prof Dr Eddy Suratman, yang  juga Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, mengaku bangga dengan prestasi Untan yang masuk 3 besar sebagai Perguruan Tinggi se Indonesia dari Bappenas.

“Perlu saya sampaikan kalau ada program nasional pada tahun 2015 dari Bappenas RI tentang evaluasi kinerja pembangunan di setiap provinsi yang ada di Indonesia melalui perguruan tinggi di tiap-tiap provinsi” katanya.

Selanjutnya, kata Eddy Suratman, Ia bersama tim nya melakukan evaluasi di pemerintahan provinsi Kalimantan Barat, bersama 34 perguruan tinggi lain di masing-masing wilayah provinsi, se Indonesia dan ternyata Untan masuk 3 besar.

Indikator penilaian dari pihak Bappenas kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia adalah kelengkapan data, pendalaman analisis, seperti pencapaian target, dan kalau tidak sampai target maka dicari di mana target yang tidak tercapai, serta serta indikator sejauh mana kerjasama dengan pihak Bappeda Kalbar seperti contohnya penyampaian data dengan tepat waktu.

Menurutnya, penghargaan yang telah diraih itu penting, namun yang lebih penting evaluasi data digunakan dan ditindak lanjuti oleh Pemprov Kalbar, dan juga digunakan oleh Bappenas. (ars)

 

Berita Terkait