Untan Royal Award 2016 untuk Jenderal Gatot

Untan Royal Award 2016 untuk Jenderal Gatot

  Jumat, 20 May 2016 10:05
FOTO BERSAMA: Ketua dan para anggota Senat Universitas Tanjungpura berfoto bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai sidang senat dalam rangka Dies Natalis Untan ke-57.

Berita Terkait

RIBUAN orang memenuhi Sidang Senat dalam rangka Dies Natalis ke-57 Universitas Tanjungpura di Auditorium Untan, Kamis (19/5) kemarin. Dibuka langsung oleh Ketua Senat yang juga Rektor Untan Prof DR H Thamrin Usman DEA, sidang ini juga menghadirkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dia didaulat menerima penghargaan Untan Royal Award 2016. Gatot juga memberikan orasi ilmiah tentang ketahanan pangan dan proxy war.

Setiap tahun dalam rangka Dies Natalis-nya, Untan memang selalu memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang dianggap memiliki peran dalam kemajuan terhadap Indonesia, terutama Kalbar, atau membanggakan Untan. Pemberian penghargaan yang dimulai sejak tahun 2013 ini diberikan untuk tokoh-tokoh dari berbagai latar belakang. Tahun ini, Untan memberikannya kepada mantan KSAD tersebut. 

Menurut Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman DEA, penghargaan ini diberikan atas kiprah yang disumbangkan tokoh yang berjasa memberikan kemajuan bagi Kalbar dalam segala hal. Dia juga mengaku bangga atas kiprah penerima penghargaan. “Mahasiswa harus termotivasi untuk bisa menyamai prestasi mereka,” sebut dia.

Gatot sendiri dinilainya sebagai sosok yang kredibel untuk menerima penghargaan ini. Dia dianggap mampu membawa TNI semakin berkembang. Termasuk di Kalimantan Barat, dimana peran TNI dalam pertahanan dan pembangunan semakin nyata lewat program-program di lapangan. Salah satunya adalah peran dalam membantu rakyat dalam berbagai bidang.

Sementara itu, dalam komentarnya, Gatot menyebut seharusnya mahasiswa Untan saat ini bisa punya prestasi yang lebih baik dibanding mereka yang dahulu. Disebutkan dia, ke depan, Indonesia akan dihinggapi ancaman yang tidak kalah besarnya dibanding masa lalu. “Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu menjawab tantangan zaman tersebut,” katanya.

Sidang senat dan orasi ilmiah tersebut berlangsung dengan hikmat. Selain dihadiri oleh seluruh civitas Universitas Tanjungpura, beberapa pejabat dari unsur TNI, Kapolda Kalbar, Kajati Kalbar, Ketua Pengadilan Tinggi, serta Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandi Sanjaya juga mengikuti acara ini. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran, yang kemudian dilanjutkan dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Untan juga menyerahkan hasil penelitian para peneliti Untan dalam setahun terakhir kepada Pemprov Kalbar yang diwakili Wakil Gubernur, Christiandy. 

Wakil Gubernur sendiri memuji kiprah Untan dalam beberapa tahun terakhir. “Untan sudah mendapatkan akreditasi B. Beberapa fakultas juga mendapatkan akreditasi A, begitu juga jurusan dan program studi lain. Ke depan Untan bisa lebih baik lagi. Saya sebagai alumni Untan merasa bangga,” pungkasnya.(ars)

Berita Terkait