University of Rhode Island Bantu Kembangkan Pantai Sekotong

University of Rhode Island Bantu Kembangkan Pantai Sekotong

  Senin, 28 March 2016 11:01
www.wisatadilombok.com

Berita Terkait

UNIVERSITY of Rhode Island (URI), AS, membantu Nusa Tenggara Barat (NTB) mengembangkan pantai dengan konsep ekoturisme dan pembangunan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism development).

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M Zainul Majdi mengatakan konsep ecotourism diyakini menguntungkan, karena ramah lingkungan, dan berbasis budaya lokal.

"Konsep ecotourism meminimalisasi kerusakan lingkungan,” kata Zainul Majdi.

NTB akan melibatkan Universitas Mataram (Unram) untuk mengkaji dan menerapkan konsep ini di Sekotong, Lombok Barat.

Sekotong menjadi pilihan karena berpanorama indah, dan belum sepopuler Senggigi, atau rangkaian pulau wisata Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, di Kabupaten Lombok Utara.

Namun, empat pulau kecil di Sekotong -- salah satunya Gili Kedis -- mulai dilirik wisatawan mancanegara. Pulau itu sering disebut Honeymoon Island.

Lainnya adalah Gili Nanggu. Pulau seluas 12,5 hektar ini menawarkan wisata snorkeling dan diving, atau Gili Sudak yang disebut wisatawan mancanegara sebagai Romantic Island.

Menpar Arief Yahya setuju dengan konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan. Rencananya, Kemenpar akan menggandeng UN-WTO -- badan PBB yang bergerak di sektor pariwisata -- untuk launching konsep ini di PATA Travel Mart, September 2016.(r)

Berita Terkait