Uniknya Kuliner dengan Teknik Ilmiah

Uniknya Kuliner dengan Teknik Ilmiah

  Minggu, 15 May 2016 10:17
LEZAT: Ada sensasi berbeda saat menikmati berbagai menu kuliner yang diciptakan melalui mixology molecular di Rockstar Mixology Art Concept Cirebon. IST

Berita Terkait

Dapur dan laboratorium fisika-kimia ibarat dua dunia yang berbeda. Molecular Mixology memadukan keduanya. Hasilnya, terciptalah menu kuliner yang membuat geleng-geleng kepala.

****

SEKILAS, makanan ini terlihat seperti jelly kenyal. Tapi, setelah dimakan justru meledak dan lumer di mulut. Apa ya? Bentuknya pun unik. Bulat-bulat dengan warna yang beraneka ragam. Ada yang seperti lollipop hingga kuning telur. 

Namanya molecular. Sebuah terobosan yang memperkaya khazanah kuliner Indonesia dengan sesuatu yang berbeda dengan teknik mixology. Dengan sentuhan kreasi dan imajinasi, tersaji menu yang mengundang decak kagum. 

Rockstar Mixology Art Concept, menjadi satu-satunya tempat yang menyediakan molecular mixology di Cirebon. Molecular mixology kini suaranya kian nyaring ketika fenomena molecular gastronomy mencuat. Istilah kerennya mixology yang berarti ilmu campur-mencampur bahan. 

Dalam konteks ini, bahan yang dimaksud adalah beragam jenis minuman yang biasa dipakai para bartender. Di Rockstar Mixology Art Concept beragam bentuk molecular mixology dibuat dari campuran sodium dan kalsium. 

Untuk warna dan bentuknya, disesuaikan dengan permintaan pengunjung dan kreasi sang mixologist (sebutan pembuat molecular mixology, red). Saat Radar mengunjungi kafe yang terletak di lantai dua Cirebon Gourmet Convention Hall and Garden, berkesempatan mencicipi molecular mixology "lollipop". Warnanya soft, perpaduan antara biru muda, pink dan kuning. Ketika dimakan, rasanya seperti makan permen lollipop yang langsung pecah di mulut. 

"Kita sengaja menciptakan menu yang belum ada di Cirebon, salah satunya molecular mixology ini. Menu yang dibentuk dengan proses merubah cairan menjadi bulatan-bulatan kecil seperti caviar dengan pendekatan kimia serta fisika," ujar Marketing Manager Rockstar Mixology Art Concept, Fitri Rolia Mulyadi.

Ada juga molecular berry macaron. Ekstrak buah strawberry yang dibuat berbentuk bulat menggunakan teknik tertentu. Untuk menikmati molecular ini, Fitri menyarankan, baiknya segera mungkin dimakan setelah disajikan. Pasalnya, kalau terlalu lama didiamkan akan mengeras. "Harus cepat dimakan, biar pas di mulut pecah dan lumer, sensasinya disitu," sarannya.

Untuk harga, satu porsi molecular mixology ini dibanderol mulai dari Rp25 ribu. Molecular juga dapat dicampurkan ke dalam minuman biasa sebagai topping. Molecular yang dicampur ke dalam minuman lebih bisa bertahan lama. Sehingga masih bisa dinikmati setelah minuman tersebut habis. Fitri berharap, kehadiran Rockstar Mixology Art Concept ini menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak tempat nongkrong di Cirebon. Termasuk menu molecular mixology bisa diterima di lidah masyarakat Cirebon, karena memang menyajikan menu ini punya sensasi tersendiri. Mulai pembuatannya yang sulit, rasanya yang unik, dan tampilannya yang tentu menarik.

"Dan tentunya menu molecular juga bisa diterima masyarakat luas sebagai terobosan dan inovasi kuliner," harapnya. (mike dwi setiawati)

Berita Terkait