Ungkap Tujuh Kasus

Ungkap Tujuh Kasus

  Minggu, 24 April 2016 10:57
NARKOBA: Kapolres Mempawah AKBP Suharjimantoro saat mengekspos tujuh kasus narkoba beserta enam tersangka di Aula Mapolres, Jumat (22/4). WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

KEPALA Kepolisian Resor (Kapolres) Mempawah AKBP Suharjimantoro mengekspos tujuh kasus narkoba jenis sabu-sabu, dengan menyeret enam dari sembilan tersangka di Aula Mapolres Mempawah, Jumat (22/4) lalu. Selain menghadirkan enam tersangka hasil Operasi Bersinar Kapuas, Kapolres juga memperlihatkan barang bukti sabu-sabu yang berhasil diamankan mereka.

“Selama sebulan berlangsungnya Operasi Bersinar Kapuas atau bersih dari sindikat narkoba, Alhamdulillah, kita berhasil mengungkap tujuh kasus narkoba dengan sembilan tersangka,” katanya.

Terkait informasi terkini soal penanganan kasus narkoba tersebut, Kapolres mengungkapkan jika mereka saat ini sedang melakukan penyelidikan dan pengembangan di lapangan. Selain itu, mereka juga rutin melaksanakan razia di penginapan, maupun tempat hiburan yang dicurigai.  Hal itu dilakukan mereka dalam upaya untuk mengungkap jaringan peredaran narkoba yang lebih besar dan luas. 

“Kita tidak main-main menangani kasus narkoba ini. Sesuai arahan Pak Kapolda, Pak Kapolri, dan Pak Presiden, maka peredaran dan penyalahgunaan narkoba akan kita tekan dan tumpas,” tegas Kapolres.

Selain bentuk penegakan hukum, pihaknya juga melakukan tindakan preemtif dan preventif. Di antaranya mereka melakukan kampanye bahaya narkoba kepada masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, selama berlangsungnya Operasi Bersinar, mereka setidaknya melaksanakan 5.924 kegiatan kampanye di lingkungan masyarakat. “Jumlah itu merupakan yang tertinggi di jajaran Polres se-Kalbar,” ungkapnya bangga.

Selama berlangsungnya giat preemtif, Kapolres menginstruksikan setiap anggota untuk aktif turun ke lapangan. Mereka diminta Kapolres agar mendatangi suatu lingkungan atau perkumpulan masyarakat, untuk mengampanyekan gerakan anti narkoba tersebut. 

“Di hadapan masyarakat, anggota berkewajiban memberikan penjelasan seputar narkoba. Baik itu ciri, bentuk, bahaya, hingga penegakan hukum terhadap para pelaku penyalahgunaan narkotika,” ujar dia. (wah)

Berita Terkait