UM Pontianak Terima Mahasiswa Baru

UM Pontianak Terima Mahasiswa Baru

  Rabu, 29 June 2016 09:30
FOTO BERSAMA: Jajaran mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Pontianak. UMP

Berita Terkait

UNIVERSITAS Muhammadiyah (UM) Pontianak kembali membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru untuk tahun akademik 2016/2017. Pembukaan pendaftaran ini sudah berlangsung sejak awal April 2016. Berbagai persiapan pun telah dilakukan pihak kampus biru ini untuk menyambut calon mahasiswa baru diantaranya aula utama, penambahan ruang perkuliahan dan kantin mahasiswa yang dibuat lebih representatif.

Disamping itu, persiapan yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan akademik. Mengingat jumlah mahasiswa baru yang masuk ke perguruan ini terus meningkat, pihak Rektorat UM Pontianak saat ini sedang melakukan seleksi penerimaan tambahan calon dosen tetap untuk beberapa program studi diantaranya Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. Saat ini kabar baik datang dari Kopertis XI Banjarmasin, dimana pada tahun ini UM Pontianak memperoleh alokasi Beasiswa Bidikmisi pada beberapa program studi diantaranya Prodi Manajemen, Prodi Kesehatan Masyarakat, Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Pendidikan Anak Usia Dini. Program Bidikmisi sendiri merupakan program kuliah gratis bagi mahasiswa yang kurang mampu, selain mahasiswa bebas biaya kuliah mereka juga akan mendapatan bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan setiap bulannnya dari Kemenristekdikti.

Sampai saat ini, beberapa program studi ungggulan masih menjadi prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru diantaranya Program Studi Kesehatan Masyarakat, Program Studi Manajemen dan Program Studi di Keguruan dan Ilmu Pendidikan seperti Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Anak Usia Dini. Disusul kemudian Prodi Budidaya Perairan, Prodi Teknik Mesin dan Prodi Pendidikan Agama Islam. Secara umum, dibandingkan tahun lalu untuk tahun ini jumlah pendaftar mahasiswa baru mengalami peningkatan sekitar 40 % di banding tahun sebelumnya. Pada tahun ini juga, UM Pontianak membuka 2 program studi baru yang saat ini sangat dibutuhkan dunia kerja yaitu Program Studi Hukum dan Program Studi Informatika yang semuanya  berjenjang sarjana atau S-1.

Peningkatan jumlah calon mahasiswa baru ini menurut salah satu tim promosi UM Pontianak, Samsuddin SE MSi tidak terlepas dari status akreditasi yang di peroleh UM Pontianak dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Disamping itu, maraknya kasus ijazah palsu yang sangat meresahkan menjadi salah satu pertimbangan calon mahasiswa baru memilih UM Pontianak, mengingat jaringan Universitas Muhammadiyah yang sudah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, sehingga secara legalitas kelembagaan dan kualitas pendidikan sudah tidak diragukan lagi oleh masyarakat.

Saat ini, proses penerimaan mahasiswa baru di UM Pontianak masih berlangsung di semua program studi yang ditawarkan. Kepada para siswa yang baru lulus, maupun masyarakat lainnya (PNS, karyawan atau wiraswasta) yang ingin melanjutkan pendidikan S-1 di UM Pontianak dapat melakukan pendafatran baik secara on-line melalui website: www.unmuhpnk.ac.id maupun langsung ke kampus UM Pontianak Jalan A. Yani nomor. 111 setiap hari pada jam kerja atau di telp (0561) 764571 atau Cp. Ifan Sujana, SE (08125776619).(d4/biz/bn)

Berita Terkait