Ujian Sabuk dan Gashuku Kushin Ryu M Karatedo

Ujian Sabuk dan Gashuku Kushin Ryu M Karatedo

  Jumat, 18 December 2015 07:49
JALANI UJIAN: Puluhan karateka KKI Ketapang dan Kayong Utara mengikuti ujian kenaikan tingkat di Makodim 1203/Ketapang, kemarin. FOTO IST

KETAPANG-Pada Minggu (13/12) telah diadakan ujian kenaikan tingkat dan Gashuku bagi karateka KKI Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Pelaksanaan ujian dipusatkan di halaman Makod 1203/Ketapang.  

Kegiatan ujian kenaikan tingkat tersebut diikuti karateka penyandang sabuk putih (kyu 6) sampai dengan penyandang sabuk coklat (kyu 2). Sedangkan untuk Gashuku diikuti oleh seluruh karateka yang berdomisili di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, termasuk penyandang sabuk hitam (DAN 1 sampai DAN 5) yang baru selesai menjalani ujian kenaikan DAN di Singkawang beberapa waktu yang lalu. Kegiatan tersebut diikuti peserta kurang lebih 500 karateka. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dandim 1203/Ketapang sebagai ketua umum KKI yang diwakili oleh Sensei Sadirin sebagai ketua harian. Ia mengaku sangat mendukung penuh kegiatan ini. "Selain sebagai ajang untuk menentukan sejauh mana ilmu yang telah didalami, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara karateka se Kabupayen Ketapang dan Kayong Utara," katanya.

Ia berpesan kepada seluruh karateka, bahwa dalam kenaikan sabuk ini tidak menjadikan seorang karateka menjadi sombong. Bahkan seorang karateka harus semakin rendah hati sesuai dengan pedoman karatedo yang telah tertanam di dalam diri. 

Dalam ujian kali ini dihadiri oleh ketua Dewan Guru Kalbar, Sensei Joni dan Ketua Majelis Sabuk Hitam Kalbar, Sensei Sabirin beserta rombongan pengurus daerah KKI Kalbar. (ser)