Uang Palsu Pecahan Rp20 Ribu Ditemukan

Uang Palsu Pecahan Rp20 Ribu Ditemukan

  Senin, 10 Oktober 2016 09:37
PALSU :Uang palsu pecahan Rp 20 ribu yang ditemukan korban. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Warga Mempawah, Rini, 40 sama sekali tak menduga jika dirinya akan menemukan uang palsu (upal). Upal pecahan Rp 20 ribu itu didapatnya usai membeli minuman dari salah satu toko di Pasar Mempawah, Minggu (9/10) siang. Temuannya itupun kemudian dilaporkan ke Mapolsek Mempawah Kota.

Wanita yang juga Pegawai Humas Pemkab Mempawah itu menuturkan dirinya tidak menduga jika uang kembalian dari penjual es tersebut merupakan upal. Ia baru mengetahui uang kembalian yang diterimanya tersebut palsu dari adik ipar suaminya yang kebetulan bekerja di perbankan. Saat itu uang tersebut hendak dipergunakan untuk membayar tukang pijit.  

 “Uang itu saya serahkan ke adik ipar untuk membayar tukang pijit. Tetapi begitu diterimanya, ia merasa heran kenapa kondisi fisik uang berbeda dibanding biasanya. Setelah dilihat dari dekat dan diraba, baru diketahui ternyata itu adalah uang palsu,” ujarnya.

Ketika dilihat secara kasat mata uang Rp 20 ribu itu memang mirip uang asli, tetapi begitu ditetapkan 3D yaitu dilihat, diterawang dan diraba, memang palsu. Ciri-cirinya, terlihat jelas uang dicetak menggunakan mesin printer, kualitas kertasnya berbeda, serta yang paling nampak tidak ada tanda air bergambar pahlawan seperti uang asli.

Penemuan uang palsu itu saat ini sudah dilaporkan Rini ke Mapolsek Mempawah Hilir Setiba disana, ia kemudian dimintai keterangan dan uang palsu tersebut selanjutnya diamankan sebagai barang bukti.

Kapolsek Mempawah Hilir, Ipda Salahuddin, S.HI, ketika dikonfirmasi mengatakan penemuan uang palsu tersebut akan ditindaklanjuti pihaknya. Pertama dengan memintai keterangan sang penjual es untuk mengetahui darimana ia mendapatkan uang palsu itu.

 “Jika memang uang palsu itu didapat penjual dari aktivitas transaksi jual beli, tentu sang penjual juga merupakan korban. Nah untuk memastikannya, kita akan menyelidiki terlebih dahulu dengan cara memintai keterangan yang bersangkutan seperti darimana ia mendapatkannya dan siapa yang berbelanja,” terang Kapolsek.(wah)

Berita Terkait