Turun Bersama, Bersih-bersih Jelang Sail

Turun Bersama, Bersih-bersih Jelang Sail

  Senin, 19 September 2016 09:30
GOTONG ROYONG: Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan demi menjelang kesiapan menghadapi Sail Selat Karimata di bulan hadapan. Camat Sukadana Syahrial Solihin sampai mengerahkan warga untuk bersih-bersih. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Mendukung persiapan  Pemerintah Daerah menyongsong Sail Selat Karimata, kepala Kecamatan (Camat) Sukadana, Syahrial Solihin mengajak warganya untuk melakukan gotong royong. Mereka pun bersama-sama membersihkan lingkungannya secara rutin hingga menjelang acara puncak nanti pada 15 Oktober.

“Hari ini kita melakukan gotong royong lagi sebagai lanjutan dari  gotong royong pada minggu lalu, dalam rangka persiapan acara  Sail Selat Karimata. Untuk jadwalnya sendiri sudah kita buatkan dan ini akan berlangsung hingga mejelang acara puncak nanti,” jelas Camat Sukadana ditemui saat berbaur bersama warga membersihkan lingkungan, Sabtu (17/9) di Sukadana.

Syahrial mengatakan setidaknya terdapat enam desa yang diprioritaskan untuk persiapan Sail Selat Karimata. Enam desa yang dimaksud dia seperti Desa Sutera, Pampang Harapan, Desa Sejahtera, Desa Pangkalan Buton, Desa Simpang tiga, Desa Benawai Agung, dan Desa Sedahan Jaya.

“Untuk di Desa Sutera, hari ini kita membersihkan jalan protokol bersama masyarakat dan pelajar, khususnya di Jalan Model, Jalan Sepakat, Jalan Tanjungpura, dan Sepakat. Kalau di Desa Pangkalan Buton sendiri membersihkan di lingkungan sekitaran SMPN 1 Sukadana. Besok juga di Desa Sejahtera akan melakukan gotong royong dengan membuat pagar di lingkungan warganya,” jelasnya.

Dia sangat mengapresiasi masyarakat yang begitu antusias untuk ikut berpatispasi, saat diminta bersama-sama membersihkan lingkungan. Bahkan, dia begitu terkejut saat mengetahui lantaran warganya mengharapkan agar kegiatan bersih-bersih lingkungan ini bisa terus dilakukan ke depannya. “Bahkan ada tadi warga yang ngomong dengan saya, agar gotong royong dilalukan terus setiap minggunya, agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya,” tambahnya.

Di lokasi gotong royong yang berbeda, Kepala Desa Sutera Ripa’i, mengungkapkan bagaimana dia sangat bangga dengan warganya, yang mau ikut membersihkan lingkungan mereka masing-masing. Apa yang dilakukan warganya tersebut, diakui dia sebagai wujud dukungan kepada  pemerintah dalam menyukseskan acara Sail Selat Karimata mendatang. “Gotong royong ini bermanfaat selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, juga untuk menjalin silahturahmi antarmasyarakat sebagai salah satu cara untuk mempererat tali keakraban antarwarga masyarakat,” terang Ripa’i yang ditemui saat berbaur bersama warga melakukan gotong royong.

Dirinya juga telah menghimbau kepada para pemilik toko yang berada di wilayah  kerjanya, agar menjaga lingkungan tempat usaha mereka masing-masing.  Terutama, dia meminta agar para pelaku usaha tersebut menertibkan sampah, dengan menyediakan tong sampah di depan tempat usaha mereka. “Tadi saya udah datang ke setiap toko yang ada di pasar, agar para pemilik toko memperhatikan kebersihan lingkungan tokonya. Kemudian telah saya bilang  juga agar mereka menyediakan tempat sampah di depan toko masing-masing, dan juga  kemudian sampah-sampah tersebut dapat dibuang di tempat yang telah disediakan oleh Pemda,” tutupnya.  (dan)

 

 

Berita Terkait