Turnamen Catur Cepat G25 , Hidupkan Kurangnya Kompetisi

Turnamen Catur Cepat G25 , Hidupkan Kurangnya Kompetisi

  Selasa, 23 February 2016 09:04
CEPAT: Suasana lomba catur cepat 25 menit seri ke-2 di Cafe Jack (24/1).

Berita Terkait

PONTIANAK--Komunitas catur yang tergabung di dalam Delta Chess Club kembali menggulirkan turnamen catur cepat G25 menit seri ke-3 Minggu, (28/2) di Cafe Jack tepian Sungai Kapuas, jalan Haji Yusuf Karim Kelurahan Saigon Pontianak Timur.

Ketua Delta Chess Club Derry Julianto mengungkapkan, even ini untuk menghidupkan kompetisi yang sangat dirasakan kurang oleh insan catur di Kalbar. Menurutnya, ada tiga kelas yang dipertandingkan yakni, open, junior dan kelas pemula.“Kita berharap dengan adanya even yang kontinyu seperti ini, catur Kalbar kembali bergairah dan berprestasi di tingkat nasional,"ujarnya pada Pontianak Post kemarin.

Di turnamen catur cepat seri ke-3 ini, selain pecatur Kota Pontianak dan Kabupatan Kubu Raya, pecatur dari Kota Singkawang, Kabupaten Sintang serta Kabupaten Kapuas Hulu sudah menyatakan siap ambil bagian.Pecatur junior yang juga juara nasional O2SN 2015 dari Sintang, I Marcel Davidson menyatakan siap ikut serta. Begitu juga MN Gusti Fred Firmansyah, legenda catur Kalbar yang saat ini membina dan melatih pecatur Kota Singkawang juga menyatakan siap turun dan meramaikan dengan membawa beberapa pecatur junior binaannya.

Kompetisi sederhana ini menjadi menarik, karena banyak pecatur berkualitas yang ambil bagian. Kita berharap tak hanya dari kami Delta Chess Club yang rajin menggulirkan kompetisi seperti ini, komunitas catur lainnya juga demikian. Terlihat sederhana tapi manfaatnya besar dalam meningkatkan serta menggairahkan kembali olahraga catur di daerah ini,” ungkap dia.Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Hamdani WN, menyambut gembira antusiasme para pecatur yang akan meramaikan turnamen ini. Menurut wasit nasional itu, catur cepat 25 menit akan dimainkan sebanyak lima babak."Insya Allah satu hari selesai kita mainkan," katanya di Cafe Jack. Hamdani berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak agar tetap berjalan setiap bulan.

Hal senada juga diungkapkan orang tua dari salah satu pecatur junior, Rusdi. Ia sangat mengapresiasi adanya pertandingan catur cepat 25 menit ini. Penilaiannya ditengah minimnya kejuaraan yang digelar, turnamen ini menjadi sesuatu yang ditunggu pecatur."Saya apresiasi sekali, untuk itu saya akan membantu menyumbang piala untuk kelompok junior,"kata pria yang punya hobi berat bermain catur tersebut. (bdi)

 

Berita Terkait