Tumbuhkan Kreativitas Anak Lewat Seni

Tumbuhkan Kreativitas Anak Lewat Seni

  Selasa, 8 December 2015 09:07
JUARA: Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H Jawani Usma menyerahkan hadiah kepada pemenang kategori peragaan busana muslim. AIRIN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG--Sedikitnya tiga puluh lima peserta anak usia dini mengikuti ajang mewarnai, membuat alat permainan edukatif dan peragaan busana muslim di Rumah Adat Melayu Kota Singkawang. Perlombaan ini dilaksanakan khusus dari empat puluh delapan lembaga Taman Kanak (TK) Kota Singkawang. Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan Walikota Singkawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dan Ketua Persatuan Orang Tua Santeri berserta tamu undangan.
"Kita melaksanakan kegiatan perlombaan demi menumbuhkan kerativitas anak melalui seni. Sedangkan untuk mengasah kemampuan anak diperlukan latihan dan belajar secara rutin," ucap Ketua Panitia Lomba Gebyar Ra Al-Ikhlas Azizah, kepada media ini. Dia mengatakan latihan dan belajar anak di bidang seni sangat penting diberikan sejak mereka usia dini. Sehingga kecerdasan, kreativitas dan imajinasi anak bisa terlihat dari bakat seni yang digemarinya.
Ia menuturkan selain itu perlombaan seni juga memberikan motivasi dan kepercayaan diri pada anak. Sehingga ekspresi saat tampil dihadapan publik akan membentuk mental dan karakter percaya diri anak.
"Saya melihat bakat jiwa seni anak tampil dengan percaya diri. Semoga saja bakat yang dimiliki anak terus dilatih dan dikembangkan. Supaya generasi mendatang akan semakin lebih baik," ucapnya didampingi Dedeh Kartika, S.Pd.I Kepala Sekolah Taman Kanak Raudhtul Athfal Al Ikhlas Kota Singkawang.
Mewakili sambutan Walikota Singkawang Kabag Kesra Setda Kota Singkawang Suryanto menambahkan, pertumbuhan anak sudah bisa diprogram sejak masih dalam kandungan. Sehingga pertubuhan anak akan mempengaruhi karakternya sampai dewasa dan memiliki kualitas sebagai generasi bangsa di masa mendatang.
"Membentuk masa depan anak diperlukan kesadaran orangtua untuk memenuhi gizi makanan dan minuman. Serta pola asuh, latihan dan belajar anak dimulai sejak masih usia dini," ungkapnya. Dia menyatakan pendidikan taman kanan juga diperlukan untuk pertumbuhan anak. Jiwa anak bisa terbentuk sesuai imajinasi dan pola pikir anak. Sehingga diperlukan pola pengajaran yang layak untuk mengasah bakat dan krativitas anak menjadi lebih baik.
Ia mengungkapkan pendidikan taman kanak jangan disamakan dengan pendidikan formal sekolah dasar. Namum membentuk karakter anak mesti disesuaikan dengan kondisi dan pertumbuhan anak sejak usia dini. "Anak-anak usia dini berbeda dengan anak belajar di sekolah. Anak TK belajar sambil bermain. Jadi, biarkan anak berekspresi dan berimajinasi sesuai dengan pola pikirnya," imbuhnya selesai memberikan sambutan Lomba Gebyar Ra Al-Ikhlas Kota Singkawang. (irn)

Data Pemenang Lomba:
Kategori Mewarnai:
-Juara Satu: diraih Balgis Putri Rasha dari TK RA Al-Ikhlas Kota Singkawang.

Kategori APE:
-Juara Satu: Feti Veryanti dari TK RA Al-Ikhlas Kota Singkawang

Kategori Busana Muslim:
-Juara Satu Putri: diraih Nikhita Maynovira dari TK RA Masjid Raya Kota Singkawang.
-Juara Satu Putra: diraih Muhammad Rizqullah dari TK Pembina Utara Kota Singkawang.

 

Berita Terkait