Tren Sehat Minum Infused Water

Tren Sehat Minum Infused Water

  Jumat, 29 January 2016 08:33
Gambar dari Internet

Berita Terkait

Pernah melihat ada orang menenteng gelas yang didalamnya berisi air mineral dengan potongan buah-buahan? Mungkin bagi banyak orang terasa aneh. Kenapa buah-buahan tak dinikmati begitu saja. Minuman ini dikenal dengan sebutan infused water. Banyak yang percaya, mengonsumsi infused water bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh : Marsita Riandini

Infused water atau air infus ini tengah menjadi trend kesehatan. Tak hanya di luar negeri, kini juga merebak sampai ke Indonesia.  Di berbagai hotel, biasanya menyediakan minuman ini di waktu sarapan bagi para tamunya. Lantas sejauh mana manfaat dari infused water ini?

Menjawab For Her, Edy Waliyo S. Gz, M. Gizi mengatakan bahwa minuman ini sebenarnya menjadi alternatif bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya. Sebab tidak semua orang nyaman mengonsumi air mineral secara langsung. “Satu hari orang membutuhkan 2 setengah liter air,” ucap Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Pontianak ini.

Infused water merupakan minuman yang terbuat dari campuran air mineral yang sudah dimasak dengan potongan-potongan buah segar yang sudah dicuci bersih. Tak hanya buah-buahan saja, sayuran dan rempah-rempah pun bisa dijadikan infused water. “Dia akan lebih menikmati rasa, sehingga menjadi strategi seseorang agar air mineral yang diminumnya ada rasanya, tidak tawar. Mereka pun bisa menikmati saat meminumnya,” papar dia.

Pada sayuran, lanjut dia umumnya bukanlah sayuran yang berbentuk dedaunan. Melainkan sayur yang seperti buah-buahan. Bisa itu wortel, tomat, timun, dan lainnya. Sebenarnya, di Kalimantan Barat pun ada air infus yang sudah lama dan bahkan menjadi minuman khas.  Minuman itu adalah air serbat, yakni air yang terbuat dari rempah-rempah seperti kayu manis, dan jahe. “Keunggulannya juga baik untuk membantu proses pencernaan, anti infeksi, dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh,” ulasnya.

Ketika ditanya apakah benar infused water bisa mengurangi berat badan? Edy mengatakan bahwa itu lebih banyak dari testimoni masyarakat saja. Belum menemukan penelitian yang valid. “Yang jelas setiap bahan makanan itu ada fungsinya. Kaitannya apakah minuman ini bisa menurunkan berat badan, tentu balik lagi cara orang mengonsumsinya, dan bagaimana pola makan yang mereka atur,” ujarnya.

Namun, kata dia infused yang terbuat dari campuran air dan potongan buah atau sayuran ini baik untuk mencegah radikal bebas, detox atau membersihkan racun dalam tubuh serta mempelancar pencernaan. “Karena ini bentuknya cairan, racun-racun dalam tubuh bisa dikeluarkan dalam bentuk urin. Demikian pula dalam usus besar membutuhkan cairan untuk memperlancarkan proses pencernaan dalam tubuh,” tutur Edy.Khasiatnya akan semakin bagus bisa tidak menambahkan gula ataupun zat perasa lainnya. “Infused water ini memang lebih bagus yang rendah kalori,” pungkasnya.  **

 

Berita Terkait