Travel Agent Marak Bikin Jasa Kargo

Travel Agent Marak Bikin Jasa Kargo

  Jumat, 13 November 2015 13:43

PONTIANAK - Jasa ekspedisi atau yang juga dikenal dengan jasa pengiriman barang sangat dibutuhkan di era globalisasi ini. Terbukanya dunia perniagaan, khususnya oleh ekspektasi diterapkannya kebijakan sistem ekonomi pasar bebas (perdagangan bebas atau free market/free trade) internasional, kebutuhan jasa pengiriman barang akan semakin jauh meningkat. Banyak perusahaan biro perjalanan yang juga membuka usaha di sector kargo ini. Seperti yang dilakukan Ketua Asita, Hefni AS.

“Saya juga membuka jasa kargo pengiriman barang ke seluruh Indonesia dan luar negeri,” ujarnya. Di travel dia menggunakan PT Nadi Tour & Travel. Sedangkan untuk lini bisnis ekspedisinya, dia mendirikan PT Bintang Karindo.Menurut dia, kedua bisnis tersebut saling berkaitan lantaran berhubungan dengan jasa transportasi. Di bidang travel, dia memfokuskan diri pada rute domestik dan negara-negara Asia Tenggara. “Paket tur ke dalam negeri seluruh Indonesia dan yang ada objek wisata. Tapi luar negeri tidak semua, hanya ada beberpa negara saja yang negara yang kami tangani, seperti; Malaysia Brunei Thailand dan Singapura. Tapi kita tidak meneutp kemungkinan ke Eropa dan Amerika karena ada mitra kerja yang mendukung perusahaan kita,” jelsnya.

Sementara di kargo, pengiriman barang yang disasar lebih kepada pintu ke pintu untuk pengiriman untuk domestik. “Kargo pengiriman barg domestik ke seluruh Indonesia, door to door. Dri rumah pengirim sampai ke rumah penerima. Tetapi bisa juga bandara ke bandara karena kita mitra Garuda Indonesia,” ucapnya.Diterangkan dia, harga jasa pengiriman, tergantung daerah mana yang dituju. Namun paling banyak rute yang dituju adalah Jakarta. Untuk tujuan pengiriman ibukota negara ini, tarif pengiriman barang dipatok Rp11 ribu per kilogram,” pungkasnya. (ars)