Traffic Light Alianyang Rusak

Traffic Light Alianyang Rusak

  Kamis, 4 Agustus 2016 10:33
Utin Sri Lena

Berita Terkait

PONTIANAK - Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi mengatakan, traffic light (lampu lalu lintas), Jalan Alianyang mengalami kerusakan.

 
Untuk perbaikan, pihaknya tengah menunggu alat yang di datangkan dari Jakarta. Sementara ini, ia minta pengguna kendaraan berhati-hati melintas jalan tersebut.

“Total lampu lalu lintas di Pontianak kurang lebih ada sebelas. Rerata usianya kurang lebih 10 tahunan. Beberapa lampu lalu lintas usianya 5-6 tahunan. Kesemua lampu lalu lintas kita rawat. Saat ini Lampu merah Jalan Alianyang mengalami kerusakan, tetapi akan segera kita perbaiki,” ucapnya, Rabu (3/8).

Dikatakan Utin, setelah di cek, penyebab rusaknya lampu lalu lintas Jalan Alianyang ada pada master control menyebabkan beberapa tiang (arah dari Sungai Jawi) tidak dapat menerima sinyal. Namun kerusakan ini tak berlangsung lama karena akan segera diperbaiki.

“Saat ini kita masih nunggu alatnya dikirim dari Jakarta. Kami minta alat itu cepat datang agar perbaikan cepat dilakukan,” ucap Mantan Kasat Pol PP.

Kalau lampu lalu lintas lainnya saat ini tak ada gangguan. Jika pun mati, kendalanya bukan rusak,namun karena listrik PLN padam. Jadi sifatnya sementara, apabila listrik menyala, maka lampu lalu lintas hidup kembali dan dapat mengatur lalu lintas jalan agar tak macet.  

Selama lampu lalu lintas Jalan Alianyang belum betul, pihaknya lakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, dalam pengamanan lalu lintas. Menurut Utin, pada jam tertentu jalan tersebut macet. Sebagai antisipasi, akan ada petugas stand by jaga. Untuk pengendara, ia mengimbau agar hati-hati menggunakan kendaraan, terutama ketika belok kiri dan kanan.

“Saya harap masyarakat dapat maklum, kita akan secepatnya lakukan perbaikan,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin mengatakan, rusaknya lampu lalu lintas di Jalan Alianyang, dinas terkait harus lakukan antisipasi. Pada jam tertentu Jalan Alianyang ramai dilalui kendaraan, baik itu roda dua dan empat.

“Untuk menghindari kecelakaan, perlu tempatkan petugas jaga di sana,” ucap Politisi PDIP.

Satar mengatakan, lampu lalu lintas begitu penting untuk mengatur ritme lalu lintas di jalan. Belakangan terakhir, pertumbuhan kendaraan di Pontianak terus meningkat. Contoh nyata, di persimpangan lampu lalu lintas menuju Jembatan Kapuas Satu, di jam tertentu kerap macet.

“Di sana ada lampu merah, tetapi petugas kewalahan mengaturnya, apalagi tak ada lampu lalu lintas. Makanya saya pinta agar lampu lalu lintas Alianyang ditempatkan petugas. Dinas Perhubungan harus koordinasi dengan Lantas,” pungkasnya.(iza)

Berita Terkait