Toyota Produksi Sienta di Karawang

Toyota Produksi Sienta di Karawang

  Rabu, 30 March 2016 09:09
ANDALAN BARU: Tampang Toyota Sienta yang sudah meluncur di Jepang. MPV ini akan dikenalkan di Indonesia di ajang IIMS bulan depan. TOYOTA

Berita Terkait

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan memperkenalkan kendaraan baru di segmen MPV (multi purpose vehicle), Toyota Sienta, dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan depan. Mobil tujuh penumpang itu diproduksi di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

’’Indonesia akan menjadi negara pertama di dunia yang memproduksi Toyota Sienta di luar Jepang,’’ ujar Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, kemarin (29/3).

Pabrik yang memproduksi Sienta tersebut selama ini membuat Toyota Innova dan Fortuner. Selain pasar Indonesia, Sienta asal Karawang akan diekspor ke berbagai negara. Menurut Henry, Sienta adalah mobil tujuh penumpang (seven seater) yang cocok digunakan untuk aktivitas di perkotaan. Desain pintu geser memudahkan penumpang keluar masuk di tempat parkir yang sempit. Peredam suara Sienta juga diklaim lebih baik. Di Jepang, Sienta merupakan raja di segmen small MPV, lalu diikuti Honda Freed.

Dapur pacu Sienta mengandalkan mesin berkapasitas 1.500 cc bertenaga 109 PS dan 103 PS. Ada juga varian hybrid bertenaga 100 PS. ’’Untuk produksi Indonesia, penjelasannya nanti saja di IIMS,’’ katanya.

Kepala Divisi Pemasaran TAM Anton Jimmy Suwandi mengungkapkan, Toyota Sienta akan dipajang di hall A2–A3 IIMS di booth seluas 1.475 meter persegi. ’’Tema kali ini Unlock Your Playground menampilkan produk-produk, teknologi, dan layanan purnajual,’’ terang dia.

Dalam IIMS 2016, Toyota akan menampilkan 15 unit display produk, baik produk baru, dress up, maupun mobil yang telah mengaspal seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, Fortuner, Rush TRD Ultimo, Alphard Hybrid, dan HiAce. ’’Di IIMS, kami ingin fokus jualan karena tampaknya daya beli masyarakat mulai membaik,’’ jelasnya.

Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN I Made Dana Tangkas menuturkan, tahun ini pihaknya kembali mengadakan Toyota Eco Youth (TEY) ke-10 bertema EcoSocioPreneur untuk menjaring ide-ide berwawasan lingkungan yang bisa dijadikan bisnis pada masa depan. ’’Tahun ini kami menargetkan terima sekitar 2.500 proposal dari sekolah-sekolah di 26 provinsi,’’ tutur dia.

Pihaknya memiliki dua penilaian. Petama, kategori karya ilmiah tentang produk yang dapat memberikan dampak positif bagi kualitas lingkungan dan komunitas sekitar. Kedua, kategori nonkarya ilmiah berupa kompetisi video, foto, dan gambar bertema lingkungan secara online. (wir/c14/noe)

Berita Terkait