Tolak Bangun Taman Kaliasin

Tolak Bangun Taman Kaliasin

  Kamis, 25 Agustus 2016 09:30
KALIASIN: Sejumlah kendaraan melintasi persimapangan jalan yang direncanakan akan dibangun taman Kaliasin, di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sejumlah masyarakat menolak pembangunan taman yang akan ditempatkan di persimpangan jalan Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat.

 
Rencana pembangunan taman yang akan dibangun oleh pemerintah daerah dinilai tidak sesuai dengan keinginan masyarakat. Yakni masih banyak persoalan lain yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Seperti peningkatan pembangunan jalan raya untuk warga Kaliasin.

 “Kita tidak mau adanya taman di Kaliasin. Bukan kita menolak program pemerintah. Tetapi masih banyak persoalan masyarakat yang belum terselesaikan,” ucap Andi Viktorio, warga Kaliasin Rabu (24/8) kepada media ini.

Dia mengatakan asalan masyarakat tidak menyetujui pembangunan taman Kaliasin. Diantaranya tataletak taman tidak sesuai dengan kultur budaya Kaliasin yakni persimpangan jalan raya merupakan tempat ritual adat bagi kepercayaan masyarakat Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Ia menuturkan selain tempat ritual adat dan kepercayaan masyarakat, warga juga tidak mengingikan adanya pemindahan patung naga di Kaliasin. Hal ini tidak sesuai dengan harapan masyarakat sekitar. Bahwa saat ini warga lebih menginginkan pembangunan jalan dan penertiban Galian C Kaliasin. Sehingga ekosistem lingkungan dapat berjalan dengan baik dan sumber air mudah didapatkan oleh masyarakat.

 “Warga kaliasin tidak membutuhkan adanya pembangunan taman. Tetapi warga mengigingkan Galian C di tertibkan dan adanya peningkatan jalan raya karena banyak jalan raya yang berada dilingkungan masyarakat rusak parah,” tutupnya didampingi para tokoh masyarakat dan warga Kaliasin di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Seketaris Daerah Kota Singkawang Syech Bandar menambahkan belum lama ini terkait rancangan pembangunan taman Kaliasin masih menunggu kebijakan pemerintahan Walikota Singkawang. Dikarenakan pihaknya tidak bisa memutuskan bahwa warga menolak tentang pembangunan taman di Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

 “Kami akan mempertemukan para tokoh masyarakat Kaliasin dengan Walikota Singkawang. Supaya ada kejelasan dan kepastian terkait rencana pembangunan taman dan pemindahan patung naga di Kaliasin,” terang Bandar hingga berita ini diterbitkan, sampai sekarang belum ada tindaklanjut dari Walikota Singkawang. (irn)

Berita Terkait