TNI-Polri

TNI-Polri

  Jumat, 1 April 2016 09:10
ARAHAN: Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen Agung Risdhianto, memberikan arahan. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PANGLIMA Komando Daerah Militer XII Tanjungpura (Pangdam), Mayjen Agung Risdhianto, mengatakan, TNI dan Polri harus lebih bersinergi dalam berbagai hal. Di antaranya saling mengenal satu sama lain serta sama-sama mencegah terjadinya kriminalitas di tengah-tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan Pangdam saat berkunjung ke Ketapang dan memberikan arahan kepada anggota Kodim 1203 Ketapang dan Polres Ketapang pada Rabu (30/3). "TNI dan Polri di Ketapang harus terus menjaga kekompakannya dan meningkatkan kerjasama," katanya, kemarin (30/3).

Selain itu, ada beberapa permasalahan yang harus dilakukan bersama antara TNI dan Polri. Salah satunya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Ketapang. Untuk memudahkan hal tersebut, semua anggota TNI dan Polri harus saling mengenal, khususnya yang ada di lapangan. Karena menurutnya, kerjasama tim di lapangan sangat penting.

Pangdam memberikan arahan di Makodim 1203 dan Mapolres Ketapang. Di hadapan anggotanya, Pangdam menegaskan agar jangan sampai ada anggota TNI yang terlibat dalam kasus ilegal dan narkoba. "Saya tegaskan agar jangan sampai ada personil (TNI; red) yang terlibat kasus ilegal maupun narkoba," tegasnya di hadapan anggotanya.

Terhadap kebakaran hutan dan lahan yang saat ini sedang menjadi isu nasional, Pangdam kembali mengingatkan agar rutin menggelar patroli dan pemantaun di titik-titik yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. "Harus diminimalisir, kalau perlu jangan sampai ada titik api," pintanya.

Sementara itu, Kapolres Ketapang, AKBP Hady Poerwanto, mengaku sangat mengapresiasi kedatangan dan pemberian arahan dari Pangdam XII Tanjungpura ke Mapolres Ketapang. Menurutnya, hal ini baru pertama kali dilakukan di Ketapang di mana seorang Pangdam memberikan arahan kepada anggota kepolisian.

"Kami dari pihak kepolisian sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pangdam yang memberikan arahan kepada Polres. Ini yang pertama kali. Kita berharap mudah-mudahan sinergisitas antara TNI-Polri lebih meningkat lagi. Meskipun selama ini memang TNI dan Polri, khususnya di Ketapang memiliki hubungan yang sangat baik," katanya.

Hady menjelaskan, arahan yang disampaikan oleh Pangdam lebih mengarah yang lebih baik, baik operasional dan pembinaan. "Ini menjadi hal yang baik, jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudia hari," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait