TNI Bantu Mesin Tanam Padi

TNI Bantu Mesin Tanam Padi

  Rabu, 5 Oktober 2016 10:40
BIBIT PADI: Petani mendemonstrasikan mesin tanam bibit padi yang diberikan TNI melalui Koramil Sungai Pinyuh kepada petani di Desa Sungai Batang. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SUNGAI PINYUH- Mewujudkan ketahanan pangan nasional, TNI berperan aktif mendukung aktivitas pertanian di masyarakat. Salah satunya dengan memberikan bantuan peralatan pertanian. Selasa (4/10) pagi, Koramil 1201-02 Sungai Pinyuh menyerahkan satu unit Rice Transplanter atau mesin tanam padi kepada Kelompok Tani Karya Bhakti, Desa Sungai Batang.

“Bantuan peralatan pertanian ini berasal dari pemerintah pusat melalui Mabes TNI. Selanjutnya, Mabes mendistribusikan kepada Kodim dan Koramil. Jadi, bantuan ini sebagai wujud pendampingan TNI dalam mendukung peningkatan produktivitas pertanian khususnya diwilayah kerja Koramil Sungai Pinyuh,” terang Danramil 1201-02/Sungai Pinyuh, Kapten C2 Irman H.

Irman mengungkapkan, dalam pendistribusian bantuan pihaknya sangat selektif. Sebab, bantuan tersebut harus efektif dan tepat sasaran ditujukan kepada kelompok tani yang aktif dan memiliki komitmen tinggi dalam memajukan sektor pertanian.

“Melalui bantuan ini diharapkan semakin memotivasi petani untuk meningkatkan hasil panen. Sehingga, mampu menciptakan ketahanan pangan sebagaimana dicanangkan Bapak Presiden RI melalui program nawacita,” tuturnya.

Disamping itu, masih menurut Irman, tujuan lainnya untuk menciptakan kemanunggalan TNI dan harmonisasi silahturahmi antara pihaknya dengan masyarakat luas. Dengan begitu, TNI selalu hadir membantu segala kesulitan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“TNI senantiasa aktif mendukung segala bentuk kegiatan pertanian. Misalnya membersihkan saluran irigasi, bahkan ikut membantu mengusir hama padi yang menyerang lahan-lahan pertanian. Ini wujud nyata peran aktif TNI untuk masyarakat,” tegasnya.

Poktan Karya Bhakti 

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Batang, Jamaludin mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan TNI kepada petani di desanya. Mengingat, bantuan mesin tanam padi itu sejak lama telah dinantikan petani di Desa Sungai Batang. Karena, sangat efektif meringankan kinerja petani dalam bercocok tanam.

“Kami sangat bersukur dan berterimakasih atas besarnya perhatian dan kepedulian TNI. Dengan bantuan alat ini, saya yakin petani semakin termotivasi untuk mengembangkan lahan pertanian di Desa Sungai Batang. Sebab, dengan peralatan ini kerja petani akan semakin ringan dan cepat,” pendapatnya.

Jamaludin pun memastikan mesin tanam padi itu tidak hanya digunakan oleh satu kelompok tani saja, melainkan semua kelompok tani yanga ada di Desa Sungai Batang. Pihaknya akan berkoordinasi dengan para kelompok tani dalam mengatur teknis dan jadwal penggunaannya secara bergantian.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada TNI. Karena, dalam setiap kegiatan kegiatan pertanian, TNI selalu aktif membantu. Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus terjaga dan ditingkatkan. Semoga, bantuan mesin tanam padi ini mampu mendongkrak produktivitas pertanian di Desa Sungai Batang,” harapnya mengakhiri.(wah)

Berita Terkait