TNI AL Gencar Simulasi

TNI AL Gencar Simulasi

  Kamis, 4 Agustus 2016 10:43
SIMULASI : Simulasi penindakan huru hara

Berita Terkait

PONTIANAK—Sebanyak 50 prajurit Lantamal XII mengikuti Simulasi Penanganan Demontrasi dan Latihan Penindakan Huru Hara (Dakura) di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal XII Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak. Rabu (3/8) pagi.     Sejak pagi, puluhan prajurit bersiap mengikuti latihan yang dipimping langsung oleh  Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) M. Hari. Simulasi penanganan demonstrasi juga digelar guna meningkatkan keterampilan TNI AL untuk menghadapi demonstran. 

Selain simulasi pengamanan, prajurit juga dibekali ilmu dasar penindakan Huru hara, seperti jenis formasi dasar pasukan Dakhura, sikap pasukan hingga persiapan tinggkat regu hingga peleton. 

Kadispen Lantamal XII  Kapten Laut (KH) Sitho P. Yudhoajie mengatakan, latihan penindakan huru hara dengan bertingkat dan berlanjut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketrampilan personel TNI AL.  Personil,  disiapkan mulai dari regu ke tingkat yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan yang digunakan untuk melakukan penanganan massa apabila terjadi demonstrasi. “Apabila para demonstran atau perusuh agar konsentrasi terpecah-pecah menjadi bagian kecil sehingga mudah dilumpuhkan,” kata Sitho dalam rilis yang diterima Pontianak Post.

Guna melaksanakan tugas pokok tersebut, persosnil TNI AL dituntut siap, tanggap dan terlatih apabila dihadapkan pada situasi apapun. 

“Untuk itu dilaksanakan latihan-latihan secara berkelanjutan dan bertahap guna terciptanya kedisplinan, ketangkasan dan kerjsama yang baik dalam menjalankan tugas-tugas yang diembannya,” ungkapnya. (gus)

 

Berita Terkait