Tipe A, Polda Tambah Polres

Tipe A, Polda Tambah Polres

  Minggu, 22 May 2016 11:10
Arief Sulistyanto

Berita Terkait

PONTIANAK- Seiring rencana peningkatan level dari tipe B menjadi tipe A Polda Kalimantan Barat, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Brigjen Pol Arief Sulistyanto akan menambah dua polres di daerah pemekaran, yakni Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Kayong Utara.

Selain menambah dua Polres, pihaknya juga berencana mengusulkan penambahan personil, mengingat selain luasan wilayah di Kalbar serta tantangannya yang berbatasan langsung dengan negara Sarawak, Malaysia, maka memerlukan tambahan sarana dan prasarana.

"Untuk skala prioritas tipe B saat ini sudah lumayan. Saat ini Polda Kalbar ada sekitar 11 ribu lebih personel atau sesuai DSP yakni 17 ribu," ujarnya.

Menurut Arief, untuk penambahan dua polres, Pemkab Kubu Raya dan Kayong Utara saat ini sudah menyiapkan lokasi untuk pembangunan polres tersebut.

"Kami juga akan mengusulkan penambahan kuota untuk Kalbar, yakni untuk polisi laki-laki yang kuotanya berkisar 300 personel akan diusulkan menjadi 500 personel. Sedangkan untuk polisi wanita yang kuotanya berkisar 70 orang akan diusulkan penambahan 100 orang hingga 150 orang," katanya.

Saat ini, Polda Kalbar terdapat lima polres yang berada di kawasan perbatasan, yakni Polres Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang, dan Polres Kapuas Hulu, yang meliputi 14 kecamatan, 98 desa, 52 jalan tikus dan 55 desa yang berbatasan langsung dengan 22 kampung di Malaysia.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar menambahkan, dengan naiknya tipe, maka Polda Kalbar akan dipimpin oleh jenderal bintang dua, atau Inspektur jenderal.

Sebelumnya beredarnya surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI pada 17 Mei 2016 lalu.

Surat dengan Nomor : B/1741/M.PANRB/5/2016, perihal Penguatan Susunan Organisasi dan tata Kerja Polri yang tandatangani Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Yuddy Chrisnandi yang ditujukan kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia. 

Surat tersebut berisi beberapa hal, salah satunya peningkatan status Kepolisian Daerah (Polda), yang mana ada empat Polda yang diusulkan kenaikan tingkat, dari yang sebelumnya tipe B menjadi tipe A, yaitu Polda Riau, Polda Lampung, Polda Kalimantan Barat, dan Polda Sulawesi Utara. 

Namun dari empat Polda yang diusulkan, hanya dua yang dapat disetujui peningkatan statusnya. Yaitu Polda Kalimantan Barat dan Polda Sulawesi Utara, dengan pertimbangan dua Polda tersebut berada pada wilayah perbatasan NKRI yang membutuhkan penanganan upaya keamanan secara khusus dan lebih optimal. (arf) 

Berita Terkait