Tiongkok Luncurkan Pesawat Amfibi Terbesar

Tiongkok Luncurkan Pesawat Amfibi Terbesar

  Rabu, 27 July 2016 09:26
SWAPESAWAT: Pesawat amfibi terbesar di dunia made in Tiongkok saat seremonial di Kota Zhuhai, Minggu (24/7). DOK AFP

Berita Terkait

BEIJING – Tiongkok ingin berjaya di laut dan udara. Ambisi itu diwujudkan dengan menyelesaikan pembuatan pesawat amfibi terbesar di dunia. Pesawat produksi perusahaan negara Aviation Industry Corporation of China (AVIC) tersebut di berinama AG600. Upacara seremonial dilakukan di Kota Zhuhai, Minggu (24/7).

Xinhua melaporkan, pesawat dengan ukuran hampir setara dengan Boeing 737 itu mampu terbang hingga 4.500 kilometer. Pesawat tersebut dibuat untuk memadamkan kebakaran hutan dan melakukan penyelamatan di area laut. ”Ini jauh lebih besar daripada pesawat lain yang sama-sama didesain untuk lepas landas dan mendarat di laut,” ujar Wakil GM AVIC Geng Ruguang.

Selama ini pesawat jenis seaplane terbesar yang pernah dibuat adalah H-4 Hercules yang juga dikenal sebagai Spruce Goose. Pesawat itu didesain untuk akomodasi trans-Atlantik pasukan sekutu selama Perang Dunia II. Namun, proyek tersebut tidak selesai tepat waktu. Pesawat yang terbuat dari kayu itu sempat terbang satu kali saja pada 2 November 1947.

Setelah Spruce Goose, pesawat serupa yang dibuat berukuran lebih kecil. Ukuran sayap AG600 sendiri lebih kecil daripada Spruce Goose, yaitu 39 meter. Panjangnya mencapai 37 meter. Pesawat tersebut mampu menyedot 12 ton air dalam waktu 20 detik. Berat maksimal AG600 agar bisa lepas landas adalah 53,5 ton.

Untuk sementara, pesawat hanya dijual bagi pasar domestik. ”Pesawat ini bakal sangat berguna untuk mengeksploitasi sumber daya laut. Ini bisa digunakan untuk pengamatan lingkungan, deteksi sumber daya laut, dan transportasi,” tulis Xinhua.

AVIC sudah menerima 17 pesanan untuk membuat pesawat serupa. Tidak tertutup kemungkinan, pesawat yang bisa mengambang di laut itu bisa dipakai Tiongkok untuk melakukan berbagai operasi di Laut China Selatan. 

Industri penerbangan Tiongkok membuat kemajuan besar dalam kurun waktu setahun ini. Juni lalu mereka berhasil membuat pesawat komersial pertamanya yang diberi nama Advanced Regional Jet for the 21st Century alias ARJ21. Chengdu Airlines mengoperasikan satu pesawat jenis itu. Militer Tiongkok juga mulai menggunakan pesawat transportasi buatan dalam negeri Y-20 awal bulan ini. November tahun lalu mereka juga meluncurkan pewawat ko mersial berukuran kecil C919. (AFP/NDTV/sha/c9/kim)

Berita Terkait