Tingkatkan Rasa Kecintaan NKRI

Tingkatkan Rasa Kecintaan NKRI

  Sabtu, 22 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

KUBU RAYA— Pemahaman mengenai Empat Pilar MPR RI dinilai p‎enting untuk ditingkatkan bagi masyakarakat termasuk para prajurit Kodam XII Tanjungpura. 

“Dengan meningkatnya pemahaman mengenai Empat Pilar MPR RI ini, akan menjadi modal awal bagi semua pihak untuk terus menumbuhkan rasa kecintaan, persatuan dan kesatuan terhadap NKRI,” kata Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Oedang saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Aula Makodam XII Tanjungpura, Jumat (21/10). 

Empat pilar MPR RI yaitu, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara, Undang-Undang Dasar tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Dikesempatan yang sama Oesman Sapta juga menyinggung soal maraknya pengaruh penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda, yang masih terasa hingga sekarang. Untuk mengatasi persoalan tersebut, dia berharap peran semua pihak termasuk prajurit Kodam XII‎ Tanjungpura untuk bersama-sama memberantas penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. 

Sementara itu Penglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Andika Perkasa menyambut baik sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut. Menurutnya, aplikasi empat pilar NKRI tersebut kata Andika dalam kesehariannya selalu dilakukan di lingkungan Kodam XII Tanjungpura.

Salah satu contoh, yaitu adanya kepedulian dan kerja keras jajaran Kodam XII Tanjungpura hingga ke tingkat koramil bahkan babinsa untuk berkontribusi dengan bergotong-royong membantu masyarakat dalam mendorong percepatan pembangunan

disegala bidang seperti sektor pertanian, termasuk menjaga kerukunanan, persatuan dan kesatuaan hingga menjaga pertahanan keamaanan dalam negeri tertutama di wilayah kerja Kodam XII Tanjungpura.

Disingung soal antisipasi penyalahgunaan narkoba di Kodam XII Tanjungpura, Andika menegaskan sejak awal dirinya telah mengimbau jajarannya untuk turut memberantas penyalahgunaan narkoba.

“Jika ada oknum prajurit yang terlibat dalam penyalahgunaan nakoba, selain sanksi hukum  di internal kami juga akan diberikan sanksi tegas berupa pemecatan, dan itu sudah ditegaskan oleh atasan kami,” ungkapnya.

Di jajaran Kodam XII Tanjungpura sendiri, sejak tiga bulan lalu sambungnya sudah ada satu oknum prajurit  yang dipecat lantara terlibat penyalahgunaan narkoba. Agar kejadian serupa tidak kembali terulang,

Andika kembali mengimbau semua jajarannya untuk menghindari penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya. “Saya berharap sosialisasi yang digelar ini bisa memotivasi para prajurit untuk meningkatkan semangat juang dalam memperkuat persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (ash) 

Berita Terkait