Tingkatkan Pembangunan Perbatasan

Tingkatkan Pembangunan Perbatasan

  Rabu, 24 February 2016 09:57
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

KUBU RAYA— Tim Sekretariat Jendral Ketahanan Nasional yang dipimpin Irjen Pol  Drs Tjetjep Agus. S, Selasa (23/2) menyambangi Kodam XII Tanjungpura di Jalan Arteri Alianyang. Kedatangan tim tersebut disambut langsung Kepala Staf Kodam XII Tanjungpura Brigjen TNI Ahmad Supriyadi bersama Danlanud Supadio Marsma TNI Tatang Herlyansyah.

“Kunjungan kami dari Tim Sekretariat Jendral Ketahanan Nasional ke sejumlah daerah ini terkaitdengan upaya perkembangan pembangunan di wilayah perbatasan, mengembangkan ketahanan pangan nasional berbasis pada kearifan lokal, pengembangan perdagangan bebas dalam rangka mengembangkan poros maritim dan pengembangan pangsa pasar produk perikanan dalam rangka menghadapi pasar bebas, termasuk Kalimantan Barat,” papar Tjetjep Agus.

Kalbar dinilai menjadi salah satu kawasan yang potensial untuk dikembangkan mengingat hingga sekarang Kalbar memiliki luas lahan yang cukup besar ditambah dengan potensi kekayaan sumber daya alam yang memadai. “Jadi tidak hanya kerjasama yang solid, kami juga berharap agar Kodam XII Tanjungpura bisa mendukung penuh upaya pemerintah dalam hal pengembangan pembangunan terutama di wilayah perbatasan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kasdam XII Tanjungpura, Ahmad Supriyadi menegaskan pihaknya akan berupaya maksimal dalam mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat termasuk dalam hal perkembangan wilayah perbatasan. Saat ini Kodam XII Tanjungpura memiliki dua Korem yaitu Korem 121/Alam Bhana Wanawai di Provinsi Kalimantan Barat dan Korem 102/Panju Panjung yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah, masing-masing Korem memiliki 6 Kodim.

“Disamping itu, terdapat satu Kodim berdiri sendiri yang berada langsung dibawah kendali Pangdam XII Tanjugpura,” kata Kasdam mewakili Pangdam XII Tanjungpura. Untuk Satuan Tempur dan Banpur, Kodam XII Tanjungpura memiliki satu Brigade Infanteri, lima Batalyon Infanteri, satu Batalyon Armed, satu Batalyon Zipur dan satu Detasemen Kavaleri.“Kalimantan Barat juga merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia dengan garis perbatasan RI-Malaysia sepanjang lebih kurang 966 km. Saat ini, TNI Angkatan Darat menggelar pengamanan perbatasan di sepanjang perbatasan Kalbar-Malaysia yang  dilaksanakan oleh 2 Satgas Yonif dibawah kendali Pangdam selaku Pangkoops dan Danrem 121/Abw selaku Dankolakops,” terangnya.

 Sementara pasukan pengaman perbatasan digelar menjadi 59 Pos yang tersebar sepanjang garis perbatasan. Perlu kami sampaikan juga bahwa rencana  ke depan akan ada penambahan jumlah personel Satgas Pamtas.Di dalam kesempatan itu, Ahmad Supriadi juga mengimbau semua pihak terutama internal Kodam XII Tanjungpura agar senantiasa meningkatkan sinergisitas antar stakeholder di Kalimantan Barat. “Upaya  untuk meningkatkan sinergisitas sangat diperlukan dalam merumuskan, dan menentukan kebijakan pembangunan guna menjamin kelangsungan pembangunan serta menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan, persatuan-kesatuan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara,”  ungkapnya.

Kepada unsur terkait dia juga mengimbau agar dapat memberikan bantuan dengan memberikan informasi serta data yang dibutuhkan demi kelancaran tugas Tim. Mari kita sukseskan kegiatan Tim dengan memberikan dukungan berupa data serta informasi yang dibutuhkan oleh Tim, dalam rangka perumusan kebijakan nasional di Provinsi Kalimantan Barat.Hadir pada kesempatan tersebut, Para Staf Ahli Pangdam XII/Tpr, Irdam, Para Asisten dan Para Kabalak Jajaran Kodam XII Tanjungpura,  Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Perwakilan dari Lantamal XII Pontianak  dan Perwakilan dari Kepolisian. (ash)

Berita Terkait