Tingkatkan Kesehatan Siswa

Tingkatkan Kesehatan Siswa

  Kamis, 11 Agustus 2016 10:04
PENILAI: Tim penilai lomba, Dewan Guru MTs Negeri 1 Siantan dan Kades Wajok Hilir foto bersama. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Siantan berkesempatan mengikuti lomba peserta lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kabupaten Mempawah tahun 2016. Melalui momentum tersebut diharapkan mampu meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan siswa.

“Kita patut bangga, karena tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan dalam ajang lomba PHBS di lingkungan sekolah tingkat Kabupaten Mempawah. Makanya, kami berharap MTs 1 Siantan bisa meraih prestasi terbaik dalam lomba ini,” harap Kepala Desa (Kades) Wajok Hilir, Abdul Majid yang ikut mendampingi tim penilai lomba dari kabupaten ketika bertandang ke MTs 1 Siantan, Rabu (10/8) siang.

Kades pun mengapresiasi pelaksanaan lomba sekolah sehat tersebut. Sebab, menurut dia, penerapan PHBS harus dimulai sejak dini. Makanya, lingkungan pendidikan menjadi sarana yang strategis dan tepat untuk membentuk karakter siswa yang bersih dan sehat.

“Kesehatan menjadi kunci  keberhasilan hidup. Kalau tubuh sehat, maka berfikir pun positif dan bisa melaksanakan segala aktifitas dengan bugar dan lancar. Namun, kalau tubuh kita sakit maka segala urusan tidak akan maksimal,” pendapatnya.

Makanya, lanjut Abdul Majid, melatih siswa untuk menerapkan PHBS dilingkungan sekolah menjadi hal yang sangat penting. Dengan harapan, PHBS tersebut dapat tertanam dalam diri siswa tidak hanya dilingkungan sekolah, melainkan juga keluarga hingga masyarakat.

“Generasi muda harus ditanamkan untuk hidup bersih dan sehat. Agar mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang sehat dan cerdas. Karena, mereka inilah yang akan mengisi pembangunan di Kabupaten Mempawah,” tegasnya.

Terkait penilaian lomba sekolah sehat, dirinya berharap MTs Negeri 1 Siantan mampu memenuhi segala syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan tim penilai. Sehingga, MTs Negeri 1 Siantan dapat meraih prestasi membanggakan tidak hanya ditingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional.

“Kami optimis dibawah kepimpinan Bapak Idham Solekh, MTs Negeri 1 Siantan mampu mengukir prestasi terbaiknya dalam lomba sekolah sehat ini. Masyarakat Desa Wajok Hilir mendukung penuh dan berharap MTs Negeri 1 Siantan bisa tampil sebagai pemenang,” tuturnya.

Masih dalam kesempatan itu, Kades menghimbau seluruh lembaga pendidikan di wilayah kerjanya untuk berlomba-lomba melakukan penataan PHBS dilingkungannya masing-masing. Dengan begitu, tidak ada lagi sekolah-sekolah yang kumuh dan kotor di Desa Wajok Hilir. “Kami mendorong seluruh kepala sekolah memiliki konsep yang matang dalam menciptakan PHBS dilingkungan pendidikannya. Karena, pendidikan tidak hanya berkenaan dengan intelektual saja, melainkan juga faktor kesehatan sangat menentukan,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait